Text
SKRIPSI PENGGUNAAN BAHASA PERSUASIF PADA IKLAN LIPSTIK DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM
Utami, Okta Dina Dwi. 2023. “Penggunaan Bahasa Persuasif pada Iklan Lipstik di Media Sosial Instagram”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Irsyadi Shalima, S.S., M.A., Pembimbing II Winasti Rahma Diani, S.Hum., M.Hum.
Adanya berbagai macam variasi atau kreasi bahasa persuasif, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui struktur dan teknik iklan produk lipstik Jedar Cosmetic, Madame Gie, dan Marshwillow Official yang mengandung bahasa persuasif di media sosial Instagram tahun 2022. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian yang dilakukan pada tiga merek produk lipstik Jedar Cosmetic, Madame Gie, dan Marshwillow Official menemukan kandungan yang dapat membangkitkan rasa keingintahuan calon konsumen dengan adanya informasi mengenai manfaat suatu produk, pertanyaan yang menuntut perhatian lebih, adanya perintah atau ajakan, dan pendekatan yang dilakukan pembuat iklan dengan calon konsumen yang terdapat pada butir utama, badan iklan, dan bagian penutup. Dalam iklan tersebut terdapat temuan dalam keterkaitan penggunaan bahasa persuasif dengan ditemukan empat macam teknik persuasif, yaitu teknik sugesti, teknik rasionalisasi, teknik identifikasi, dan teknik kompensasi pada iklan lipstik Jedar Cosmetic, Madame Gie, dan Marshwillow Official di media sosial Instagram tahun 2022.
Kata Kunci: bahasa persuasif, iklan lipstik, media sosial instagram
39-UN57.U1-SIN-VII-2023 | INDONESIA UTA P 2023 | Ruang Skripsi (BAHASA INDONESIA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain