Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY BERBANTUAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VIII
Muhaenifah, Isnaeni. 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry Berbantuan Alat Peraga untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Fadhilah Rahmawati, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Aprilia Nurul Chasanah, M.Pd.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Guided Inquiry, Alat Peraga, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis.
Kemampuan pemahaman konsep merupakan kemampuan yang sangat diperlukan siswa saat mempelajari matematika. Penyebabnya dengan memiliki kemampuan tersebut siswa dapat memahami suatu konsep dalam matematika sehingga dapat menyelesaikan permasalahan yang terjadi. Pada faktanya, kemampuan pemahaman konsep pada siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Magelang masih tergolong rendah.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran guided inquiry berbantuan alat peraga lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran langsung pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII. Selanjutnya, menganalisis peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis yang diajarkan dengan model pembelajaran guided inquiry berbantuan alat peraga pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII.
Penelitian menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan desain quasi experiment dengan bentuk pre-test post-test control group design dengan populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Magelang tahun pelajaran 2022/2023. Sampel dipilih menggunakan teknik cluster random sampling, kemudian diperoleh kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan uji prasyarat normalitas dengan uji Shapiro Wilk dan homogenitas dengan uji Fisher, serta uji kesamaan rerata dengan uji Independent Sample t-Test. Uji hipotesis menggunakan uji Independent Sample t-Test, uji Paired Sample t-Test, dan N-Gain.
Hasil hipotesis 1 menggunakan uji Independent Sample t-Test menghasilkan nilai thitung=2,148>ttabel=2,009, sehingga H0 ditolak. Kemudian, hasil hipotesis 2 menggunakan uji Paired Sample t-Test menghasilkan nilai thitung=14,712>ttabel=2,073, sehingga H0 ditolak. Uji N-Gain menunjukkan nilai rata-rata uji N-Gain kelas eksperimen yaitu 0,385.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, dapat disimpulkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran guided inquiry berbantuan alat peraga lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran langsung pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII. Kemudian, hasil yang diperoleh terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis yang diajarkan dengan model pembelajaran guided inquiry berbantuan alat peraga pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII.
27-UN57.U1-SPM-VII-2023 | MATEMATIKA MUH P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain