PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY BERBANTUAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VIII

ISNAENI MUHAENIFAH - Nama Orang;

Muhaenifah, Isnaeni. 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry Berbantuan Alat Peraga untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Fadhilah Rahmawati, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Aprilia Nurul Chasanah, M.Pd.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Guided Inquiry, Alat Peraga, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis.
Kemampuan pemahaman konsep merupakan kemampuan yang sangat diperlukan siswa saat mempelajari matematika. Penyebabnya dengan memiliki kemampuan tersebut siswa dapat memahami suatu konsep dalam matematika sehingga dapat menyelesaikan permasalahan yang terjadi. Pada faktanya, kemampuan pemahaman konsep pada siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Magelang masih tergolong rendah.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran guided inquiry berbantuan alat peraga lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran langsung pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII. Selanjutnya, menganalisis peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis yang diajarkan dengan model pembelajaran guided inquiry berbantuan alat peraga pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII.
Penelitian menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan desain quasi experiment dengan bentuk pre-test post-test control group design dengan populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Magelang tahun pelajaran 2022/2023. Sampel dipilih menggunakan teknik cluster random sampling, kemudian diperoleh kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan uji prasyarat normalitas dengan uji Shapiro Wilk dan homogenitas dengan uji Fisher, serta uji kesamaan rerata dengan uji Independent Sample t-Test. Uji hipotesis menggunakan uji Independent Sample t-Test, uji Paired Sample t-Test, dan N-Gain.
Hasil hipotesis 1 menggunakan uji Independent Sample t-Test menghasilkan nilai thitung=2,148>ttabel=2,009, sehingga H0 ditolak. Kemudian, hasil hipotesis 2 menggunakan uji Paired Sample t-Test menghasilkan nilai thitung=14,712>ttabel=2,073, sehingga H0 ditolak. Uji N-Gain menunjukkan nilai rata-rata uji N-Gain kelas eksperimen yaitu 0,385.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, dapat disimpulkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran guided inquiry berbantuan alat peraga lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran langsung pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII. Kemudian, hasil yang diperoleh terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis yang diajarkan dengan model pembelajaran guided inquiry berbantuan alat peraga pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII.


Ketersediaan
27-UN57.U1-SPM-VII-2023MATEMATIKA MUH P 2023Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
MATEMATIKA MUH P 2023
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2023
Deskripsi Fisik
XVI;89HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_MATEMATIKA
FAKULTAS_KEGURUAN_DAN_ILMU_PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik