Text
SKRIPSI EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS ETNOMATEMATIKA BERBANTUAN E-MODUL DITINJAU DARI SELF-EFFICACY TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII
Pujianingsih, Septiana. 2023 “Efektivitas Model Problem Based Learning Berbasis Etnomatematika Berbentuan E-Modul Ditinjau Dari Self-Efficacy Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VIII”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar. Pembimbing I Syita Fatih’Adna, S.Pd., M.Sc., Pembimbing II Aprilia Nurul Chasanah, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci : Model Problem Based Learning, Kemampuan Representasi Matematis, Self-Efficacy
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil tes kemampuan representasi matematis awal siswa SMP Negeri 6 Magelang yang menunjukkan bahwa rata-rata skor adalah 30,468. Kemampuan siswa dalam representasi matematis dipengaruhi oleh berbagai faktor, antara lain rendahnya partisipasi siswa dalam pembelajaran, kondisi siswa masih ada yang pasif, dan kurangnya minat siswa terhadap materi. Tujuan penelitian ini yakni untuk menganalisis (1) apakah model problem based learning berbasis etnomatematika berbantuan e-modul lebih efektif daripada model pembelajaran langsung terhadap kemampuan representasi matematis, (2) apakah siswa dengan self-efficacy kategori tinggi memiliki kemampuan representasi matematis lebih baik daripada siswa dengan self-efficacy kategori sedang maupun rendah, menganalisis siswa dengan self-efficacy kategori sedang memiliki kemampuan representasi matematis lebih baik daripada siswa dengan selfefficacy kategori rendah, (3) apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran dan self-efficacy terhadap kemampuan representasi matematis. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Model pembelajaran dan self-efficacy merupakan variabel bebas dalam penelitian ini, sedangkan kemampuan representasi matematis sebagai variabel terikat. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Instrumen pada penelitian ini yaitu lembar observasi, pedoman wawancara, angket self-efficacy, tes kemampuan representasi matematis, dan angket validasi. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan memalui dua tahap yaitu analisis tahap awal dan analisis tahap akhir. Analisis tahap awal menggunakan uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas (liliefors), uji homogenitas (Bartlett), dan menggunakan uji-t. Analisis tahap akhir menggunakan pengujian prasyarat uji normalitas (liliefors), uji homogenitas (Bartlett), uji anava dua jalan, dan uji lanjut pasca anava yaitu uji scheffe. Hasil uji hipotesis yang dilaksanakan dengan menggunakan uji ANAVA dua jalan dengan sel tak sama diperoleh FA hitung = 19,614 > FA tabel = 4,01 mengakibatkan HoA ditolak, FB hitung = 10,951 > FB tabel = 3,16 mengakibatkan HoB ditolak, dan FAB hitung = 1,5592 ≤ FAB tabel = 3,16 mengakibatkan HoAB diterima. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis tersebut disimpulkan bahwa (1) model pembelajaran berpengaruh terhadap kemampuan representasi matematis siswa; (2) self-efficacy berpengaruh terhadap kemampuan representasi matematis siswa; dan (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan self-efficacy terhadap kemampuan representasi matematis.
26-UN57.U1-SPM-VII-2023 | MATEMATIKA PUJ E 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain