Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS KOMIK PADA MATERI ALJABAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP
Salikah. 2023. “Pengembangan E-modul Berbasis Komik pada Materi Aljabar untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas VII SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Zuida Ratih Hendrastuti, S. Pd., M. Pd., Pembimbing II Megita Dwi Pamungkas, S. Pd., M. Pd.
Kata Kunci: E-modul, Komik, Aljabar, Kemampuan Literasi Matematis
Teknologi semakin berkembang dan mengalami kemajuan dari masa ke masa. Sejalan dengan hal tersebut, perkembangan dunia pendidikan turut mengalami perkembangan sesuai dengan zaman. Di SMP N 1 Secang, sudah banyak media pembelajaran yang digunakan mulai dari powerpoint hingga video pembelajaran. Meskipun begitu, pada penerapannya lebih sering menggunakan buku cetak yang disediakan dari sekolah. Hal ini mengakibatkan kemampuan literasi matematis siswa rendah, dibuktikan dengan hasil tes awal yang dilaksanakan 30 siswa kelas VII C mendapatkan rata-rata 13,6. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, ditetapkan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini, untuk mengembangkan E-modul berbasis komik yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa pada materi aljabar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan ADDIE. Penelitian dan Pengembangan ADDIE terdiri dari 5 tahapan yaitu Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan E-modul berbasis komik sangat valid berdasarkan kevalidan materi dengan persentase 86,67%, dan kevalidan media dengan persentase sebesar 84,24%. Pengembangan E-modul berbasis komik juga memenuhi kriteria sangat praktis untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran di sekolah berdasarkan hasil angket kepraktisan siswa sebesar 81,25%, kategori sangat praktis, dan persentase 88,57% dengan kategori sangat praktis untuk angket kepraktisan guru. Sedangkan hasil analisis keefektisan E-modul berbasis komik dari hasil pengerjaan pre-test dan post-test yang dianalisi menggunakan uji N-Gain mendapatkan hasil akhir 0,31 dengan kategori sedang. Maka dari itu, E-modul berbasis komik dinyatakan efektif dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian yang telah disebutkan, dapat disimpulkan bahwa E-modul berbasis komik yang telah dikembangkan sangat valid, sangat praktis, dan efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa.
25-UN57.U1-SPM-VII-2023 | MATEMATIKA SAL P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain