PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TGT BERBANTUAN “ULTRAPHY” UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 1 MAGELANG

NURVIAN SANTRI ALIM - Nama Orang;

Alim, N. S. 2023. “Implementasi Model Pembelajaran TGT Berbantuan “Ultraphy” untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Negeri 1 Magelang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Fadhilah Rahmawati, S.Pd., M. Pd., Pembimbing II Zuida Ratih Hendrastuti, S. Pd., M. Pd.
Kata Kunci: Model Pembelajaran TGT, “Ultraphy”, Pemahaman Konsep Matematis
Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP Negeri 1 Magelang masih berada dalam kategori rendah. Hal ini dikarenakan model dan media pembelajaran yang belum bervariasi sehingga siswa kurang terlibat dalam pembelajaran yang nantinya akan mempengaruhi kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa terhadap penerapan model pembelajaran TGT berbantuan “Ultraphy” dengan model pembelajaran langsung. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa terhadap penerapan model pembelajaran TGT berbantuan “Ultraphy” dengan model pembelajaran langsung pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Magelang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metodelogi eksperimen semu. Siswa kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII C sebagai kelas kontrol, dimana kedua kelas ini digunakan sebagai sampel. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket, pedoman wawancara, lembar observasi, dan tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Berdasarkan hasil analisis data melalui Independent Sampel T-Test dan uji NGain untuk hipotesis pertama mendapatkan hasil bahwa adanya perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara model pembelajaran TGT berbantuan “Ultraphy” dengan model pembelajaran langsung. Lebih lanjut, uji hipotesis kedua mendapatkan bahwa adanya peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis yang lebih baik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai N-Gain sebesar 0,63 untuk kelas eksperimen dan 0,45 untuk kelas kontrol yang berada dalam kategori sedang untuk kedua kelas. Kesimpulan penelitian ini, yaitu siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model pembelajaran TGT berbantuan “Ultraphy” mempunyai kemampuan pemahaman konsep matematis yang lebih baik dibandingkan dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model pembelajaran langsung. Serta adanya peningkatan pemahaman konsep matematis yang lebih baik oleh siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model pembelajaran TGT berbantuan “Ultraphy” dibandingkan dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model pembelajaran langsung.


Ketersediaan
24-UN57.U1-SPM-VII-2023MATEMATIKA ALI I 2023Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
MATEMATIKA ALI I 2023
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2023
Deskripsi Fisik
XVIII;85HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_MATEMATIKA
FAKULTAS_KEGURUAN_DAN_ILMU_PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik