Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBANTUAN UNO MATHEMATICS CARD BERBASIS QR-C TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI MATERI TURUNAN KELAS XI
Munawaroh, Zulia Maulidatul. 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran Make a Match Berbantuan Pembelajaran UNO Mathematics Card berbasis QR-C Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Materi Turunan Kelas XI”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Syita Fatih ‘Adna, S.Pd., M.Sc., Pembimbing II Fadhilah Rahmawati, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, UNO, Make a Match, Turunan Kelas XI.
Matematika merupakan salah satu bidang ilmu yang sangat berperan penting dalam dunia pendidikan. Kemampuan berpikir tingkat tinggi merupakan suatu aspek yang penting dalam proses pengajaran dan pembelajaran. Untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran make a match berbantuan UNO mathematics card berbasis QR-C. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran make a match berbantuan UNO mathematics card lebih baik daripada kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung pada materi turunan kelas XI. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi yang diajarkan menggunakan model pembelajaran make a match berbantuan UNO mathematics card pada materi turunan kelas XI. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan desain eksperimen semu. Bentuk dari eksperimen semu yang digunakan adalah pretest psttest dengan membandingkan dua sampel kelas XI SMA Negeri 1 Grabag yang dipilih secara acak. Hasil dari posttest menggunakan perhitungan uji independent sample t-test diperoleh nilai thitung = 2,918 < ttabel = 1,668 bearti H0 yang artinya dengan diterapkan model pembelajaran make a match berbantuan UNO mathematics card berbasis QR-C lebih baik daripada kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran langsung. Nilai rata-rata dari hasil uji N-Gain yaitu 0,318 sehingga membuktikan terdapat peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran make a match berbantuan UNO mathematics card dengan kategori sedang. Berdasarkan dari hasil pengujian hipotesis, dapat diambil kesimpulan bahwa kemampuan berpikir siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran make a match berbantuan UNO mathematics card lebih baik daripada kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung pada materi turunan kelas XI. Selain itu, juga terdapat peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran make a match berbantuan UNO mathematics card pada materi turunan kelas XI dengan kategori sedang.
23-UN57.U1-SPM-VII-2023 | MATEMATIKA MUN P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain