Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERBANTUAN FLIPBOOK PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA
Arsita, Bela A. 2023. “Pengembangan E-modul Berbasis Realistic Mathematics Education Berbantuan Flipbook pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Zuida Ratih Hendrastuti, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Syita Fatih ‘Adna, S.Pd., M.Sc.
Kata Kunci: E-modul, Realistic Mathematics Education, Kemampuan Berpikir Kritis
Pembelajaran di abad ke-21 ini dapat dikatakan pembelajaran yang sudah mengikuti perkembangan IPTEK. Guru diharapkan mampu untuk mengembangkan bahan ajar yang digunakan sebagai penunjang pembelajaran, salah satunya yaitu dengan mengembangkan e-modul. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari e-modul berbasis Realistic Mathematics Education berbantuan flipbook pada materi bangun ruang sisi datar untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. E-modul diakses melalui situs flipbook agar lebih menarik dan memudahkan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan guru matematika di SMP Negeri 4 Magelang. Produk e-modul divalidasi oleh 3 validator ahli materi dan 3 validator ahli media. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, wawancara, dokumentasi, observasi, dan tes kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan berada pada kategori sangat valid dengan persentase 87,5% dari validitas materi dan 86,67% dari validitas media. E-modul berada pada kategori sangat praktis dengan persentase 84,81% dari angket respon siswa dan 86,67% dari angket respon guru. Kemudian, e-modul memenuhi aspek efektif dengan dilakukan uji normalitas pre test dan post test berdistribusi normal, selanjutnya dilakukan uji Paired Sample TTest dengan hasil nilai thitung = 29,3327164 > ttabel = 2,039513446 maka berarti terdapat peningkatan yang signifikan pada kemampuan berpikir kritis siswa. Selanjutnya hasil uji N-Gain didapatkan sebesar 0,76 dengan kategori tinggi serta hasil pre test dan post test meningkat dengan rata-rata tes kemampuan berpikir kritis pada pre test sebesar 52,1875 dan post test sebesar 87,1094. Hal ini dapat disimpulkan bahwa pengembangan e-modul berbasis Realistic Mathematics Education berbantuan flipbook dinyatakan valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penggunaan e-modul berbasis Realistic Mathematics Education dengan berbantuan flipbook dapat memudahkan dalam menyampaikan materi.
22-UN57.U1-SPM-VII-2023 | MATEMATIKA ARS P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain