Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERBANTUAN FLIPBOOK PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA
Arsita, Bela A. 2023. “Pengembangan E-modul Berbasis Realistic Mathematics Education Berbantuan Flipbook pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswaâ€. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Zuida Ratih Hendrastuti, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Syita Fatih ‘Adna, S.Pd., M.Sc.
Kata Kunci: E-modul, Realistic Mathematics Education, Kemampuan Berpikir Kritis
Pembelajaran di abad ke-21 ini dapat dikatakan pembelajaran yang sudah mengikuti perkembangan IPTEK. Guru diharapkan mampu untuk mengembangkan bahan ajar yang digunakan sebagai penunjang pembelajaran, salah satunya yaitu dengan mengembangkan e-modul. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari e-modul berbasis Realistic Mathematics Education berbantuan flipbook pada materi bangun ruang sisi datar untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. E-modul diakses melalui situs flipbook agar lebih menarik dan memudahkan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan guru matematika di SMP Negeri 4 Magelang. Produk e-modul divalidasi oleh 3 validator ahli materi dan 3 validator ahli media. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, wawancara, dokumentasi, observasi, dan tes kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan berada pada kategori sangat valid dengan persentase 87,5% dari validitas materi dan 86,67% dari validitas media. E-modul berada pada kategori sangat praktis dengan persentase 84,81% dari angket respon siswa dan 86,67% dari angket respon guru. Kemudian, e-modul memenuhi aspek efektif dengan dilakukan uji normalitas pre test dan post test berdistribusi normal, selanjutnya dilakukan uji Paired Sample TTest dengan hasil nilai thitung = 29,3327164 > ttabel = 2,039513446 maka berarti terdapat peningkatan yang signifikan pada kemampuan berpikir kritis siswa. Selanjutnya hasil uji N-Gain didapatkan sebesar 0,76 dengan kategori tinggi serta hasil pre test dan post test meningkat dengan rata-rata tes kemampuan berpikir kritis pada pre test sebesar 52,1875 dan post test sebesar 87,1094. Hal ini dapat disimpulkan bahwa pengembangan e-modul berbasis Realistic Mathematics Education berbantuan flipbook dinyatakan valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penggunaan e-modul berbasis Realistic Mathematics Education dengan berbantuan flipbook dapat memudahkan dalam menyampaikan materi.
Tidak tersedia versi lain