Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “MATIF-APP” BERBASIS RME BERBANTUAN ARTICULATE STORYLINE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII MATERI PELUANG
Audry, Desemtika. 2023. “Pengembangan Media Pembelajaran Matif-App Berbasis RME Berbantuan Articulate Storyline Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII Materi Peluang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Zuida Ratih Hendrastuti, M.Pd., Pembimbing II Syita Fatih’Adna S.Pd., M.Sc.
Kata Kunci: Articulate Stoyline, berpikir kritis, media pembelajaran, RME.
Pembelajaran matematika saat ini menerapkan kurikulum 2013 yang berorientasi pada pembelajaran abad ke-21, dengan karakteristik pembelajaran berpusat pada siswa, materi pembelajaran dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari, dan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran. Hasil tes awal kemampuan berpikir kritis siswa masih rendah. Sehingga diperlukan pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran “Matif-App” berbasis RME untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII materi peluang. Media pembelajaran “Matif-App” dapat diakses melalui smartphone yang dapat memudahkan siswa dan memberikan suasana yang berbeda dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Secang sejumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, angket, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil analisis kevalidan produk berada pada kategori sangat valid dengan persentase 93,64% dari validitas materi dan 89,17% dari validitas media. Hasil analisis kepraktisan produk berada pada kategori sangat praktis dengan persentase 87,03% dari angket respon siswa dan 91,67% dari angket respon guru. Hasil analisis keefektifan produk diperoleh dari hasil pretest dan posttest yang kemudian dilakukan uji normalitas dengan hasil data berdistribusi normal, selanjutnya dilakukan uji paired sample t-test dengan hasil thitung = 20,23276 > ttabel = 2,03951 maka H1 diterima, kemudian dilakukan analisis NGain diperoleh skor 0,70 dengan kategori tinggi sehingga efektif digunakan. Hal ini dapat disimpulkan bahwa produk media pembelajaran “Matif-App” berbasis RME dinyatakan valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penggunaan media pembelajaran “Matif-App” dalam pembelajaran dapat memudahkan dalam menyampaikan materi.
20-UN57.U1-SPM-VII-2023 | MATEMATIKA AUD P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain