PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION (AIR) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA

FITRIANI LESTARI - Nama Orang;

Lestari, Fitriani. 2023. “Pengembangan E-Learning Berbasis Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa.” Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Fadhilah Rahmawati, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Syita Fatih ‘Adna, S.Pd., M.Sc.
Kata Kunci: e-learning, model pembelajaran AIR, pemahaman konsep matematis
Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang penting untuk dipelajari. Namun, mata pelajaran ini justru dianggap sebagai mata pelajaran yang paling sulit. Salah satu kemampuan yang penting dalam pembelajaran matematika yaitu kemampuan pemahaman konsep matematis. Berdasarkan hasil tes kemampuan awal pemahaman konsep matematis siswa di SMP Negeri 1 Bandongan termasuk ke dalam kategori rendah. Rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis tersebut bisa disebabkan oleh model pembelajaran dan media pembelajaran yang digunakan belum tepat. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru matematika SMP Negeri 1 Bandongan, model pembelajaran dan media pembelajaran yang digunakan oleh guru matematika di SMP Negeri 1 Bandongan belum mampu mendukung kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Maka dari itu, dilakukan pengembangan media e-learning berbasis model pembelajaran auditory, intellectually, repetition (AIR). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari e-learning berbasis model pembelajaran AIR untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Jenis penelitian yaitu penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE menurut Branch. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, teknik tes, dan observasi. Populasi yang digunakan yaitu siswa kelas VIII berjumlah 192 siswa SMP Negeri 1 Bandongan. Sampel penelitian ini siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Bandongan. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-learning berbasis model pembelajaran AIR yang dikembangkan memiliki validitas tinggi dengan perolehan nilai sebesar 0,9 dari validitas materi dan 0,85 dari validitas media. Hasil kepraktisan memperoleh persentase sebesar 83,64% dengan kategori sangat praktis. Selain itu, e-learning berbasis model pembelajaran AIR dinyatakan efektif dengan rata-rata peningkatan nilai sebesar 44,75 dengan kategori sedang. Hal ini dapat disimpulkan bahwa e-learning berbasis model pembelajaran AIR untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dinyatakan valid, praktis, dan efektif. Dengan demikian, media e-learning berbasis model pembelajaran AIR bisa dikembangkan untuk materi pembelajaran yang lain.


Ketersediaan
19-UN57.U1-SPM-VII-2023MATEMATIKA LES P 2023Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
MATEMATIKA LES P 2023
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2023
Deskripsi Fisik
XV;112HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_MATEMATIKA
FAKULTAS_KEGURUAN_DAN_ILMU_PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik