Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION (AIR) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA
Lestari, Fitriani. 2023. “Pengembangan E-Learning Berbasis Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa.” Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Fadhilah Rahmawati, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Syita Fatih ‘Adna, S.Pd., M.Sc.
Kata Kunci: e-learning, model pembelajaran AIR, pemahaman konsep matematis
Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang penting untuk dipelajari. Namun, mata pelajaran ini justru dianggap sebagai mata pelajaran yang paling sulit. Salah satu kemampuan yang penting dalam pembelajaran matematika yaitu kemampuan pemahaman konsep matematis. Berdasarkan hasil tes kemampuan awal pemahaman konsep matematis siswa di SMP Negeri 1 Bandongan termasuk ke dalam kategori rendah. Rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis tersebut bisa disebabkan oleh model pembelajaran dan media pembelajaran yang digunakan belum tepat. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru matematika SMP Negeri 1 Bandongan, model pembelajaran dan media pembelajaran yang digunakan oleh guru matematika di SMP Negeri 1 Bandongan belum mampu mendukung kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Maka dari itu, dilakukan pengembangan media e-learning berbasis model pembelajaran auditory, intellectually, repetition (AIR). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari e-learning berbasis model pembelajaran AIR untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Jenis penelitian yaitu penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE menurut Branch. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, teknik tes, dan observasi. Populasi yang digunakan yaitu siswa kelas VIII berjumlah 192 siswa SMP Negeri 1 Bandongan. Sampel penelitian ini siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Bandongan. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-learning berbasis model pembelajaran AIR yang dikembangkan memiliki validitas tinggi dengan perolehan nilai sebesar 0,9 dari validitas materi dan 0,85 dari validitas media. Hasil kepraktisan memperoleh persentase sebesar 83,64% dengan kategori sangat praktis. Selain itu, e-learning berbasis model pembelajaran AIR dinyatakan efektif dengan rata-rata peningkatan nilai sebesar 44,75 dengan kategori sedang. Hal ini dapat disimpulkan bahwa e-learning berbasis model pembelajaran AIR untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dinyatakan valid, praktis, dan efektif. Dengan demikian, media e-learning berbasis model pembelajaran AIR bisa dikembangkan untuk materi pembelajaran yang lain.
19-UN57.U1-SPM-VII-2023 | MATEMATIKA LES P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain