PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) BERBANTUAN LKPD TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

SHERLA SALSABILA ADAWIYAH - Nama Orang;

Adawiyah, Sherla Salsabila. 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Berbantuan LKPD Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Zuida Ratih Hendrastuti, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Yesi Franita, S.Si., M.Sc.
Kata Kunci: kemampuan koneksi matematis, lembar kerja peserta didik, model pembelajaran RME.
Kemampuan koneksi matematis adalah kemampuan yang penting bagi peserta didik. Dengan kemampuan itu, peserta didik bisa belajar matematika dengan tidak hanya menghafalkan rumus-rumus, tetapi juga paham dengan keterkaitan antarkonsep materi matematika, dengan bidang lain, serta dalam kehidupan sehari-hari. Namun, faktanya, kemampuan tersebut pada peserta didik kelas VIII SMPN 3 Magelang masih tergolong rendah. Penelitian ini mempunyai tiga tujuan. Pertama, untuk menganalisis ketuntasan kemampuan koneksi matematis peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran RME berbantuan LKPD. Kedua, menganalisis ketuntasan kemampuan koneksi matematis peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung. Ketiga menganalisis kemampuan koneksi matematis yang menerapkan model pembelajaran RME berbantuan LKPD dibandingkan dengan yang menerapkan model pembelajaran langsung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif berjenis quasi experiment design berbentuk posttest only control group design dengan populasi penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Magelang tahun pelajaran 2022/2023. Sampel dipilih dengan teknik cluster random sampling, didapatkan kelas VIII C menjadi kelas eksperimen dan kelas VIII A menjadi kelas kontrol. Data penelitian didapatkan melalui tes kemampuan koneksi matematis peserta didik. Penelitian ini memakai uji prasyarat normalitas dengan uji Liliefors serta homogenitas dengan uji F, serta uji kesamaan rerata dengan uji Independent sample t test. Uji hipotesis dihitung dengan uji proporsi dan uji Independent Sample t-test. Hasil post-test perhitungan uji proporsi diperoleh (1) nilai zhitung = 0,286 > −ztabel = −1,64 mengakibatkan H0 diterima; (2) nilai zhitung = −3,407 < −ztabel = −1,64 mengakibatkan H0 ditolak. Kemudian hasil uji Independent Sample t-test diperoleh nilai thitung = 5,48 > ttabel = 1,67 mengakibatkan H0 ditolak. Bersumber dari hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa (1) Kemampuan koneksi matematis peserta didik di kelas eksperimen mencapai ketuntasan secara klasikal; (2) Kemampuan koneksi matematis peserta didik di kelas kontrol belum mencapai ketuntasan secara klasikal; (3) kemampuan koneksi matematis peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran RME berbantuan LKPD lebih baik daripada peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung. Model pembelajaran RME berbantuan LKPD bisa menjadi alternatif bagi pendidik terhadap kemampuan koneksi matematis karena model pembelajaran RME berbantuan LKPD lebih baik daripada model pembelajaran langsung.


Ketersediaan
18-UN57.U1-SPM-VII-2023MATEMATIKA ADA P 2023Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
MATEMATIKA ADA P 2023
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2023
Deskripsi Fisik
XVII;91HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_MATEMATIKA
FAKULTAS_KEGURUAN_DAN_ILMU_PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik