PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI INOVASI PELAYANAN PUBLIK MELALUI FITUR KIRIM DAN LACAK SURAT ONLINE PADA BAGIAN UMUM DAN PROTOKOL SEKRETARIAT DAERAH KOTA YOGYAKARTA

TAZKIA ATHALA FARHATURRAHMAH - Nama Orang;

Inovasi Pelayanan Publik Melalui Fitur Kirim dan Lacak Surat Online Pada Bagian Umum dan Protokol Sekretariat Daerah Kota Yogyakarta
Oleh: Tazkia Athala Farhaturrahmah
NPM: 1910201079
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengelolaan serta faktor pendukung dan penghambat inovasi pelayanan publik melalui fitur Kirim dan Lacak Surat (KILAS) pada aplikasi Jogja Smart Service (JSS) yang diselenggarakan oleh Bagian Umum dan Protokol Sekretariat Daerah Kota Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Adapun sumber yang digunakan ialah sumber data primer (sumber data yang diperolah secara langsung) dan sumber data sekunder (data yang diperoleh secara tidak langsung) dengan menggunakan metode pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari proses tersebut didapatkan hasil penelitian dengan menganalisis menggunakan teori menurut United Nations (2015) bahwa pengelolaan inovasi pelayanan publik melalui KILAS sudah berjalan dengan baik dengan memiliki sistem regulasi yang baik, pegawai pelaksana sudah responsif dan bersikap baik, budaya organisasi yang partisipatif sehingga menyebabkan pegawai aktif memberikan ide/gagasan baru, serta pengetahuan dan kemampuan pegawai internal yang sudah cukup baik. Selain itu terdapat faktor pendukung yang sesuai dengan teori faktor pendukung inovasi menurut Ancok (2012) yakni pegawai aktif memberikan ide/gagasan baru, perumusan visi bersama, adanya peran pimpinan dalam pengelolaan KILAS, keyakinan pegawai terhadap KILAS dan tidak adanya kepentingan golongan dalam pengelolaan KILAS. Namun terdapat hambatan dalam pengelolaan KILAS dari hasil analisis dengan teori dimensi pengelolaan Inovasi menurut United Nations (2015) seperti kurang sesuainya pengelolaan KILAS terhadap sistem regulasi yang digunakan, rendahnya tingkat kedisiplinan pegawai, rendahnya tingkat kepatuhan pegawai, pembagian tugas yang yang tidak sesuai fungsi, pengetahuan dan kemampuan pegawai pelaksana eksternal yang kurang maksimal, rendahnya tingkat pengetahuan masyarakat, budaya masyarakat yang masih konvensional, serta rendahnya partisipasi masyarakat. Selain itu juga terdapat hambatan lain dari hasil analisis menggunakan teori faktor penghambat inovasi menurut Borrins dalam Safarinda (2022) yakni hadirnya aplikasi SRIKANDI yang mengancam keberadaan KILAS, kurangnya keyakinan masyarakat, dan rendahnya minat masyarakat dalam mengirimkan surat melalui KILAS.
Kata Kunci: Inovasi, Pelayanan Publik, KILAS


Ketersediaan
78-UN57.U1-SSP-VII-2023FISIPOL FAR I 2023Ruang Skripsi (FISIPOL)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
FISIPOL FAR I 2023
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2023
Deskripsi Fisik
XV;177HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
350
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
FAKULTAS_ILMU_SOSIAL_DAN_POLITIK
PRODI_S1_ILMU_ADMINISTRASI_NEGARA
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik