Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS STEM PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK KELAS XI SMA
ABSTRAK
Sabela, Happy Tri. 2023. “Pengembangan E-modul Pembelajaran Berbasis STEM Pada Materi Sistem Peredaran Darah Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas XI SMA”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Karunia Galih Permadani, M.Sc., Pembimbing II Ika Sukmawati, M.Pd. Kata Kunciː E-modul, STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics), Pemahaman Konsep, Sistem Peredaran Darah Tujuan dari penelitian ini untuk menguji kelayakan hasil pengembangan bahan ajar e-modul pembelajaran berbasis STEM pada materi sistem peredaran darah dan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep peserta didik materi sistem peredaran darah kelas XI SMA. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni Research and Development (R&D) dan Pre-Experimental Design dengan menggunakan desain one group pretest-post-test design. Model pengembangan yang digunakan yakni model 4-namun hanya dilaksanakan sampai langkah develop. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur, wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Pengembangan e-modul dilakukan dengan memanfaatkan software iSpring Suite. Hasil pengembangan e-modul pembelajaran berbasis STEM materi system peredaran darah layak digunakan dalam pembelajaran. Hal tersebut didasarkan pada hasil penilaian validator ahli pengembangan bahan ajar memperoleh skorsebesar 80% dengan kategori valid, dan validator ahli materi memperoleh skor sebesar 97,333% dengan kategori sangat valid. Bahan ajar e-modul yang dikembangkan berbasis STEM diujikan pada kelompok kecil yakni 30 peserta didik kelas XI MIPA 2 SMA N 2 Magelang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e- modul pembelajaran berbasis STEM pada materi sistem peredaran darah mengalami peningkatan pemahaman konsep peserta didik. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji Paired Sample T-Test terhadap nilai pretest dan post-test diperoleh nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,050, maka Ho ditolak yang menunjukkan adanya perbedaan antara pemahaman konsep sebelum dan sesudah menggunakan bahan ajar e-modul. Selain itu, hasil uji N-gain pemahaman konsep diperoleh skor rata-rata sebesar 0,592 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dijelaskan dapat disimpulkan bahwa e-modul pembelajaran berbasis STEM yang telah dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran dan dapat meningkatkan pemahaman konsep peserta didik dalam memahami materi system peredaran darah.
36-UN57.U1-SPB-VII-2023 | BIOLOGI SAB P 2023 | Ruang Skripsi | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain