Text
SKRIPSI KOMPARASI PENERAPAN GUIDED INQUIRY LABORATORY DENGAN BOUNDED INQUIRY LABORATORY PADA VIRTUAL EXPERIMENT DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA
ABSTRAK
Rachmawati, Layla. (2023). “Komparasi Penerapan Guided Inquiry Laboratory dengan Bounded Inquiry Laboratory pada Virtual Experiment dalam Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I Eli Trisnowati, S. Pd., M. Pd., Pembimbing II Rina Rahayu, S. Pd., M. Pd.
Kata Kunci: Bounded inquiry lab, Guided inquiry lab, Penguasaan konsep, Virtual experiment
Penguasaan konsep diartikan sebagai kebolehan siswa dalam menguasai konsep materi yang dipelajari. Aspek ini penting dan mempunyai hubungan berkaitan dengan hasil belajar siswa pada ranah kognitif. Berdasarkan penelitian terdahulu dan hasil studi pendahuluan, ketercapaian konsep materi dalam pembelajaran IPA di SMP Negeri 3 Muntilan masih dalam kategori rendah. Kegiatan real experiment juga memiliki banyak kendala dan fase inkuiri seperti merumuskan hipotesis dan menarik kesimpulan dikatakan sulit oleh siswa. Kesulitan tersebut dapat dibantu dengan ketersediaan bimbingan guru yang dihubungkan dengan pendekatan levels of inquiry. Berdasarkan penelitian sebelumnya level inquiry laboratory dengan jenis guided inquiry laboratory dan bounded inquiry laboratory telah dilakukan danMdipercaya mampu membantu meningkatkan penguasaan konsep secara signifikan.MSelanjutnya, virtual experiment juga dipercaya dapat menggantikan real experiment sehingga perlu dibandingkan melalui model guided inquiry laboratory dengan bounded inquiry laboratory. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan peningkatan penguasaan konsep siswa antara penerapan guided inquiry lab pada virtual experiment dan penerapan bounded inquiry lab pada virtual experiment. Penelitian termasuk jenis true experiment. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dengan jenis instrumen yang digunakan berupa tes objektif penguasaan konsep sejumlah 20 butir soal yang sudah teruji validitas dan reliabilitas. Besar N-gain dalam penerapan guided inquiry laboratory pada virtual experiment adalah sebesar 0,68 sedangkan besar N-gain dalam penerapan bounded inquiry laboratory pada virtual experiement adalah sebesar 0,60. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji beda peningkatan penguasaan konsep kedua kelas didapatkan nilai Sig. 0,024. Besar perhitungan effect size adalah 0,60. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan yang signifikan pada peningkatan penguasaan konsep siswa antara penerapan guided inquiry lab pada virtual experiment dan penerapan bounded inquiry laboratory pada virtual experiment. Besarnya perbedaan peningkatan penguasaan konsep yang diberikan melalui effect size berada pada ketegori sedang. Hal ini menunjukkan penerapan levels of inquiry dengan jenis guided inquiry laboratory pada virtual experiment lebih efektif dalam meningkatkan penguasaan konsep siswa.
51-UN57.U1-S1-VII-2023 | IPA RAC K 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain