Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS PRAKTIKUM TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISTEM KOORDINASI DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DASAR SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 1 KOTA MAGELANG
ABSTRAK
Khotijah, Lailatul Siti. 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Praktikum Terhadap Pemahaman Konsep Sistem Koordinasi dan Keterampilan Proses Sains Dasar Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Kota Magelang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Karunia Galih Permadani, S.Pd., M.Sc., Pembimbing II Dr. Ericka Darmawan, S.Si., S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Inkuiri Berbasis Praktikum, Sistem Koordinasi, Model Pembelajaran, Pemahaman Konsep, Keterampilan Proses Sains Sebagai bagian dari sains, pembelajaran biologi memerlukan pemahaman konsep dan pengalaman nyata yang harus diamati oleh peserta didik secara langsung. Berdasarkan hasil observasi peneliti terhadap kegiatan belajar mengajar yang telah dilakukan di SMA Muhammadiyah 1 Kota Magelang khususnya pada materi sistem koordinasi kelas XI terdapat 15% siswa yang belum tuntas KKM, dikarenakan materi sistem koordinasi yang dipraktikkan hanya berkenaan dengan alat indra perasa saja, sementara materi sistem koordinasi seharusnya mencakup sistem saraf, endokrin, dan indra. Oleh karena itu peneliti berharap dengan diterapkan model pembelajaran inkuiri berbasis praktikum pada seluruh subbab sistem koordinasi dapat memberikan siswa pengalaman konkret dalam pembelajaran, dan akan membantu siswa dalam memahami serta mengingat kembali konsep materi yang telah dipraktikkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri berbasis praktikum terhadap pemahaman konsep dan keterampilan proses sains dasar siswa pada materi sistem koordinasi. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental dengan menggunakan non equivalent pretest and post-test control group design dalam proses pengambilan data. Penelitian ini berlokasi di SMA Muhammadiyah 1 Kota Magelang, dengan menggunakan dua kelas uji, yaitu kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Pengujian pemahaman konsep dilakukan dengan menggunakan 20 butir soal pilihan ganda, serta pengujian keterampilan proses sains dilakukan dengan observasi kegiatan pembelajaran oleh observer. Berdasarkan hasil penelitian, dengan diterapkannya model pembelajaran inkuiri berbasis praktikum pada materi sistem koordinasi terbukti berpengaruh pada pemahaman konsep dan keterampilan proses sains siswa. Pengaruh penerapan model pembelajaran tersebut pada pemahaman konsep siswa dibuktikan dengan hasil nilai uji perbandingan Mann-U Whitney yang mendapatkan nilai Sig. sebesar 0,008. Pengaruh penerapan model pembelajaran tersebut pada keterampilan proses sains siswa dibuktikan dengan hasil nilai uji perbandingan Mann-U Whitney yang mendapatkan nilai Sig. sebesar 0,010 dimana siswa telah memenuhi lima indicator keterampilan proses sains yang diamati. Hal tersebut dapat terjadi dikarenakan pembelajaran dengan kegiatan praktikum akan memberikan pengalaman konkret kepada siswa yang akan mempermudah siswa untuk memahami serta mengingat kembali konsep materi yang telah dipraktikkan. Selain itu, pembelajaran praktikum yang dilakukan secara langsung akan membuat siswa aktif di dalam prosesnya dan siswa akan mencapai aspek-aspek keterampilan proses sains.
37-UN57.U1-SPB-VII-2023 | BIOLOGI KHO P 2023 | Ruang Skripsi | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain