Text
SKRIPSI EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI STEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PROSES SAINS SISWA
ABSTRAK
Surraidah, T. 2023. “Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Terintegrasi STEM Untuk Meningkatkan Kemampuan Proses Sains Siswa”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Suwito Singgih, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Eko Juliyanto, S.Pd., M.Pd.
Kemampuan sains siswa Indonesia dalam studi TIMSS masih tergolong rendah. Proses pembelajaran siswa di kelas secara signifikan dipengaruhi oleh kemampuan proses sains. Berdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan dengan guru di SMP N 1 Grabag Kabupaten Magelang diketahui bahwa proses pembelajaran yang berlangsung di kelas seringkali hanya menggunakan model pembelajaran langsung yang terfokus pada guru sehingga kemampuan proses sains siswa belum maksimal.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas model pembelajaran PBL terintegrasi STEM dalam meningkatkan kemampuan proses sains siswa. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif jenis quast experimental design yang menggunakan nonequivalent control group design. Jumlah responden penelitian meliputi 30 siswa di kelas IX, 32 di kelas VIII B dan 32 di kelas VIII C. Jenis instrumen penelitian yang digunakan adalah butir soal pretest posttest dan lembar validasi meliputi soal, RPP, dan LKPD.
Hasil penelitian penggunaan model pembelajaran PBL terintegrasi STEM efektif dalam meningkatkan kemampuan proses sains siswa dengan peningkatan sebesar 0,67 kriteria sedang. Pada kategori tinggi, analisis uji effect size memberikan hasil sebesar 2,67.
Berdasarkan perbedaan yang signifikan rata-rata skor kelas kontrol dan kelas eksperimen, penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning terintegrasi STEM secara keseluruhan meningkatkan kemampuan proses sains siswa. Peneliti menyarankan agar guru memberikan pembelajaran berupa melatih kemampuan merumuskan hipotesis dalam kegiatan pembelajaran, khususnya kegiatan praktikum dan untuk peneliti lain disarankan dapat lebih mengontrol diskusi siswa dalam setiap kelompok dalam kegiatan pembelajaran dengan model PBL terintegrasi STEM.
Kata kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, STEM, Kemampuan Proses Sains
48-UN57.U1-S1-VII-2023 | IPA SUR E 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain