PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI STEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PROSES SAINS SISWA

TIA SURRAIDAH - Nama Orang;

ABSTRAK
Surraidah, T. 2023. “Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Terintegrasi STEM Untuk Meningkatkan Kemampuan Proses Sains Siswa”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Suwito Singgih, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Eko Juliyanto, S.Pd., M.Pd.
Kemampuan sains siswa Indonesia dalam studi TIMSS masih tergolong rendah. Proses pembelajaran siswa di kelas secara signifikan dipengaruhi oleh kemampuan proses sains. Berdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan dengan guru di SMP N 1 Grabag Kabupaten Magelang diketahui bahwa proses pembelajaran yang berlangsung di kelas seringkali hanya menggunakan model pembelajaran langsung yang terfokus pada guru sehingga kemampuan proses sains siswa belum maksimal.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas model pembelajaran PBL terintegrasi STEM dalam meningkatkan kemampuan proses sains siswa. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif jenis quast experimental design yang menggunakan nonequivalent control group design. Jumlah responden penelitian meliputi 30 siswa di kelas IX, 32 di kelas VIII B dan 32 di kelas VIII C. Jenis instrumen penelitian yang digunakan adalah butir soal pretest posttest dan lembar validasi meliputi soal, RPP, dan LKPD.
Hasil penelitian penggunaan model pembelajaran PBL terintegrasi STEM efektif dalam meningkatkan kemampuan proses sains siswa dengan peningkatan sebesar 0,67 kriteria sedang. Pada kategori tinggi, analisis uji effect size memberikan hasil sebesar 2,67.
Berdasarkan perbedaan yang signifikan rata-rata skor kelas kontrol dan kelas eksperimen, penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning terintegrasi STEM secara keseluruhan meningkatkan kemampuan proses sains siswa. Peneliti menyarankan agar guru memberikan pembelajaran berupa melatih kemampuan merumuskan hipotesis dalam kegiatan pembelajaran, khususnya kegiatan praktikum dan untuk peneliti lain disarankan dapat lebih mengontrol diskusi siswa dalam setiap kelompok dalam kegiatan pembelajaran dengan model PBL terintegrasi STEM.
Kata kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, STEM, Kemampuan Proses Sains


Ketersediaan
48-UN57.U1-S1-VII-2023IPA SUR E 2023Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA SUR E 2023
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2023
Deskripsi Fisik
xiv +201 hlm.; 29.5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik