Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS KEARIFAN LOKAL TARI TOPENG IRENG DI KABUPATEN MAGELANG UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN BIOLOGI MATERI SISTEM GERAK
ABSTRAK
Lisnadiawati, Yanuar. 2023. “Pengembangan E-LKPD Berbasis Kearifan Lokal Tari Topeng Ireng di Kabupaten Magelang untuk Mendukung Pembelajaran Biologi Materi Sistem Gerak”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Karunia Galih Permadani, M.Sc., Pembimbing II Dr. Ericka Darmawan, S.Si., S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: E-LKPD, Kearifan Lokal, Sistem Gerak, Tari Topeng Ireng
Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan pembelajaran di SMA Negeri 1 Mertoyudan dimana LKPD masih dalam bentuk hard copy atau buku cetak Sehingga tidak dapat diakses secara bebas dan belum memanfaatkan potensi lokal. Proses pembelajaran khususnya pada materi sistem gerak manusia masih terpaku dalam kelas karena kesulitan sekolah dalam menentukan waktu, alat transportasi, tenaga, dan biaya. Sehingga diperlukan bahan ajar yang \ dapat menginterpretasikan gambaran nyata, khususnya pada materi sistem gerak. Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) merupakan bahan ajar yang dapat meningkatkan kualitas belajar dan mutu pendidikan. E-LKPD dapat membuat pembelajaran menjadi efektif dan efisien karena dilengkapi dengan teori, video, serta soal latihan. Pendidikan dengan menjadikan kearifan lokal penting direalisasikan sebab kearifan lokal sudah mulai terabaikan. Tari Topeng Ireng mengandung fungsi pendidikan yang melibatkan proses kreatif dan apresiatif memacu kerja sama antara pikiran, perasaan dan tindakan. Pada penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D. Tahapan yang dilakukan dalam penelitian yaitu: 1) Define (Pendefinisian), yaitu menganalisis kebutuhan bahan ajar, analisis kurikulum, dan analisis materi sistem gerak. 2) Design (Perancangan), yaitu merancang produk E-LKPD dengan aplikasi Canva yang berisi materi sistem gerak manusia terkait bagian anggota gerak yaitu persendian dan gerak kerja otot. 3) Develop (Pengembangan), tahap mengembangkan E-LKPD dengan mengubah format dan mengunggahnya pada website liveworksheet 4) Disseminate (Penyebaran). Penelitian ini hanya pada tahap pengembangan, dikarenakan adanya keterbatasan waktu. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan E-LKPD berdasarkan validasi oleh ahli materi dan media termasuk dalam kriteria sangat valid dengan perolehan rata-rata persentase sebesar 95,3%. Semetara itu, hasil tanggapan guru biologi dan peserta didik pada uji praktikalitas menunjukkan kriteria praktis dengan perolehan rata-rata persentase sebesar 79,5%. E-LKPD yang dikembangkan memiliki kelebihan karena berbasis website yang dapat diakses dimanapun dan
kapanpun. Dengan demikian, hasil validasi E-LKPD yang telah dikembangkan layak digunakan sebagai bahan ajar alternatif bagi guru dan peserta didik. Hal tersebut karena konten materi yang disajikan sangat lengkap disertai dengan contoh kasus yang dekat dengan kehidupan sehari-hari. Melalui pengembangan bahan ajar berbasis kearifan lokal daerah diharapkan pengetahuan mengenai gerakan yang ada pada tari Topeng Ireng akan terus dilestarikan dari generasi ke generasi berikutnya.
40-UN57.U1-S1-VII-2023 | IPA LIS P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain