Text
ANALISIS PERUBAHAN KEMAMPUAN CVS (Control Variable Strategy) SISWA SMP SETELAH PENGGUNAAN LKPD BERBASIS INKUIRI PADA MATERI GETARAN, GELOMBANG, DAN BUNYI
ABSTRAK
Azizah, Wanda. 2023. “Analisis Perubahan Kemampuan CVS (Control Variable Strategy) Siswa SMP Setelah Penggunaan LKPD Berbasis Inkuiri Pada Materi Getaran, Gelombang, dan Bunyi”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Eko Juliyanto, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Nuryunita Dewantari, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Kemampuan CVS, LKPD, Inkuiri Terbimbing
CVS merupakan keterampilan dalam mendesain dan menginterpretasi eksperimen terkontrol, yang terdiri dari sub keterampilan identifikasi, interpretasi, dan pemahaman.CVS penting dalam mengembangkan keterampilan penalaran ilmiah untuk menambah pengetahuan melalui eksperimen. Akan tetapi siswa tidak memiliki pemahaman umum mengenai variabel. Salah satu model pembelajaran yang dapat membantu siswa menguasai kemampuan CVS yaitu inkuiri terbimbing. Dalam penelitian ini terdapat dua tujuan penelitian. Tujuan pertama yaitu menganalisis peningkatan kuantitatif kemampuan CVS setelah penggunaan LKPD
berbasis Inkuiri pada pembelajaran IPA materi getaran, gelombang, dan bunyi. Tujuan kedua yaitu menganalisis perubahan kemampuan CVS setelah penggunaan LKPD berbasis inkuiri pada pembelajaran IPA materi getaran, gelombang, dan bunyi.
Penelitian ini merupakan penelitian mix method tipe convergent parallel designs. Desain penelitian kuantitatif yaitu pre-experimental tipe one-group pretest-posttest design. Desain penelitian kualitatif yaitu deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII G SMPN 2 Magelang yang berjumlah 29 anak. Subjek dipilih dengan teknik sampling purposive. Instrumen penelitian berupa tes bentuk pilihan ganda dan benar salah yang berjumlah 9 soal yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Hasil analisis data kuantitatif diperoleh bahwa hasil uji T menunjukkan nilai signifikansi yaitu 0,000 < 0,05, sehingga terdapat perbedaan kemampuan CVS siswa pada saat pretest dan pada saat posttest. Kemudian hasil uji N-Gain sebesar 0,42. Berdasarkan hal tersebut dapat dikatakan bahwa LKPD berbasis inkuiri mampu meningkatkan kemampuan CVS siswa dengan kategori sedang. Hasil data kualitatif menunjukkan terjadi perubahan pada kemampuan CVS siswa setelah adanya penggunaan LKPD berbasis inkuiri. Perubahan yang terjadi terdapat tiga pola yaitu pola deskripsi menjadi pola eksplanasi, pola respon menjadi pola koneksi, dan pola verifikasi menjadi pola konklusi. Penggunaan LKPD berbasis inkuiri terbimbing efektif dalam meningkatkan kemampuan CVS siswa dalam kategori sedang. Selain itu terdapat perubahan pola pada kemampuan CVS siswa setelah penggunaan LKPD berbasis inkuiri terbimbing.
50-UN57.U1-S1-VII-2023 | IPA AZI A 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain