Text
PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS SOCIO SCIENTIFIC ISSUE (SSI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ARGUMENTASI PESERTA DIDIK
ABSTRAK
Zahra, Z. A. (2023). “Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Socio Scientific Issue (SSI) untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Peserta Didik”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Riva Ismawati, M.Sc., Pembimbing II Suwito Singgih, M.Pd.
Kata Kunci: Modul Pembelajaran IPA, Socio Scientific Issue (SSI), Kemampuan Argumentasi.
Latar belakang dilaksanakannya penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan argumentasi peserta didik SMP Negeri 1 Tempuran yang belum difasilitasi oleh pengembangan bahan ajar pada pembelajaran IPA. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan di SMP Negeri 1 Tempuran kemampuan argumentasi peserta didik termasuk dalam kategori rendah, karena peserta didik hanya menyebutkan jawaban indikator klaim dan bukti. Rendahnya kemampuan argumentasi peserta didik disebabkan oleh pembelajaran yang masih didominasi oleh guru dan sumber belajar yang terbatas sehingga diperlukan adanya suatu bahan ajar berupa modul yang dapat membuat peserta didik aktif saat pembelajaran. Permasalahan ini dapat diatasi salah satunya melalui pengembangan bahan ajar berupa modul Socio Scientific Issue (SSI). Pembelajaran konteks Socio Scientific Issue (SSI) diketahui dapat meningkatkan kemampuan argumentasi peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D dengan model ADDIE
Modul yang dikembangakan kemudian diimplementasikan di SMP Negeri 1 Tempuran. Subjek penelitian ini adalah 32 peserta didik kelas VIII C dengan Teknik pengambilan data purposive sampling. Uji coba dilakukan secara terbatas dengan menggunakan desain one group pretest-posttest. Hasil penelitian kevalidan modul oleh ahli mendapat skor sebesar 0,81 dengan kategori sangat valid. Keefektifan penggunaan modul dalam meningkatkan kemampuan argumentasi peserta didik mendapat nilai N-gain sebesar 0,55 dengan kategori sedang. Kepraktisan modul pembelajaran IPA berkonteks Socio Scientific Issue (SSI) berdasarkan pada hasil jawaban angket respon peserta didik. Respon peserta didik terhadap penggunaan modul memperoleh nilai persentase sebesar 68% dengan kategori praktis. Kesimpulan penelitian yang dilakukan yaitu modul pembelajaran IPA berkonteks Socio Scientific Issue (SSI) yang dikembangkan layak untuk digunakan karena telah memenuhi aspek kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan pengembangan media dalam meningkatkan kemampuan argumentasi peserta didik di SMP Negeri 1 Tempuran
53-UN57.U1-S1-VII-2023 | IPA ZAH P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain