Text
SKRIPSI EFEKTIVITAS MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA TEKS FABEL UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
ABSTRAK
Sari, Kamila Nur Indah. Skripsi 2023. Efektivitas Model Student Team Achievement Division (STAD) Dalam Pembelajaran Membaca Teks Fabel Untuk Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama Kelas VII. Program Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar.
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan (1) model pembelajaran STAD efektif digunakan pada pembelajaran membaca teks fabel peserta didik kelas VII MTs Aswaja Dukun Magelang, (2) tingkat efektivitas model STAD dalam pembelajaran membaca teks fabel pada kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol, dan (3) terdapat hal-hal yang efektif dalam pembelajaran membaca teks fabel dengan model STAD.
Metode penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen dengan desain nonequivalent control group designs. Populasi kelas VII pada penelitian ini berjumlah 70 peserta didik dengan sampel berjumlah 46 peserta didik. Data penelitian yang digunakan untuk membuktikan hipotesis yang diperoleh dari pretest dan posttest. Validitas yang digunakan pada instrumen penelitian adalah validitas isi dan konstruk. Uji validitas yang disertai reliabilitas berfungsi untuk menganalisis kelayakan instrumen penelitian. Data pretest dan posttest yang diperoleh akan diuji prasyarat dengan uji normalitas dan homogenitas sebelum dilakukan uji-t. Analisis data menggunakan uji-t digunakan untuk mengetahui perbedaan dengan taraf signifikansi 0,05 (5%).
Hasil penelitian penelitian ini membuktikan bahwa (1) Model pembelajaran STAD efektif digunakan pada pembelajaran membaca teks fabel peserta didik kelas VII MTs Aswaja Dukun Magelang. Berdasarkan analisis uji-t pretest dan posttest kelas eksperimen diperoleh t hitung sebesar 10,54 dengan df = 44, dan p = 0,000 pada taraf kesalahan 0,05 (5%). Nilai p lebih kecil dari pada taraf kesalahan 0,05 (5%). (2) Tingkat efektivitas kelas yang diajar menggunakan model STAD lebih tinggi dari pada kelas yang tidak diajar menggunakan model STAD. berdasarkan hasil rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 35% dengan perolehan skor tertinggi sebanyak 13 dan kelas kontrol 21% dengan perolehan skor tinggi sebanyak 3. (3) terdapat hal-hal efektif setelah dilaksanakan model STAD yaitu efektid dalam kehadiran peserta didi, efektif dalam interaksi dalam pembelajaran, dan efektif dalam hasil pembelajaran.
Kata kunci: efektivitas, membaca, model Student Team Achievement Division (STAD), teks fabel.
48-UN57.U1-SIN-VIII-2023 | INDONESIA SAR E 2023 | Ruang Skripsi (BAHASA INDONESIA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain