Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN SCRAPERAT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS IX
ABSTRAK Faradilla, Yulhana. 2023. “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Scraperat Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas IX”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Megita Dwi Pamungkas, M.Pd., Pembimbing II Fadhilah Rahmawati, M.Pd.
Kata Kunci : etnomatematika, multimedia, penalaran matematis, scratch
Teknologi memiliki peran yang besar dalam pendidikan. Dalam hal ini, guru harus mampu menerapkan pembelajaran berbasis teknologi salah satunya dalam pembelajaran matematika. Matematika sering dipandang sulit oleh siswa. Selain itu, siswa juga lebih sering untuk menghafalkan rumus dibandingkan menggunakan penalaran matematisnya. Hal itu memberikan pengaruh pada kemampuan penalaran matematis siswa. Berdasarkan analisis kebutuhan, diketahui bahwa 1) kemampuan penalaran matematissiswa kelas IX di SMPN 1 Mertoyudan masih dalam kategori kurang, 2) penggunaan multimedia masih terbatas, dan 3) pembelajaran matematika dengan mengaitkan budaya belum optimal. Upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mengembangkan multimedia Scraperat untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan multimedia Scraperat untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI A SMP Negeri 1 Mertoyudan sejumlah 32 siswa. Hasil uji kevalidan multimedia yang dikembangkan adalah 91% untuk validitas materi dan 94,4% untuk validitas media dimana keduanya dalam kategori sangat valid. Hasil analisis kepraktisan multimedia berdasarkan angket respon siswa didapatkan skor 96,04% yang memperlihatkan bahwa multimedia sangat praktis digunakan. Hasil analisis efektivitas multimedia dari pretest dan posttest yang dianalisis dengan perhitungan uji paired sample t-test diperoleh hasil sig.(2- tailed) 0.000 yang berarti bahwa perbedaan rerata yang signifikan dan hasil uji NGain didapatkan skor 0,66 berkategori sedang dan efektif digunakan. Sehingga, kesimpulan yang didapatkan adalah multimedia pembelajaran scraperat untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa dinyatakan valid, praktis, dan efektif. Saran bagi pembaca adalah untuk senantiasa termotivasi memberikan produk-produk yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan pendidikan.
34-UN57.U1-SPM-VII-2023 | MATEMATIKA FAR P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain