Text
SKRIPSI EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS VIII DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT
ABSTRAK
Soimah, Lili. 2023. “Efektivitas Model Pembelajaran Think Pair Share dan Student Team Achievement Division terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VIII Ditinjau dari Adversity Quotient”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Megita Dwi Pamungkas, M.Pd., Pembimbing II Syita Fatih ‘Adna, S.Pd., M.Sc.
Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif, Think Pair Share, Student Team Achievement Division, Adversity Quotient
Salah satu tujuan pendidikan nasional di Indonesia yaitu untuk mengembangkan peradaban yang kreatif. Kemampuan berpikir kreatif dalam pembelajaran matematika merujuk pada kemampuan berpikir kreatif matematis. Berdasarkan hasil tes awal di SMP Negeri 13 Magelang, kemampuan berpikir kreatif matematis siswa masih tergolong sangat rendah.
Terdapat beberapa tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini. Pertama, untuk menganalisis perbandingan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran think pair share dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran student team achievement division. Kedua, untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan adversity quotient tipe climber dibandingkan siswa dengan adversity quotient tipe camper, kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan adversity quotient tipe climber dibandingkan siswa dengan adversity quotient tipe quitter, serta kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan adversity quotient tipe camper dibandingkan siswa dengan adversity quotient tipe quitter. Ketiga, untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan adversity quotient tipe climber yang mendapatkan pembelajaran think pair share dibandingkan siswa yang mendapatkan pembelajaran student team achievement division, kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan adversity quotient tipe camper yang mendapatkan pembelajaran think pair share dibandingkan siswa yang mendapatkan pembelajaran student team achievement division, serta kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan adversity quotient tipe quitter yang mendapatkan pembelajaran think pair share dibandingkan siswa yang mendapatkan student team achievement division.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian posttest-only control group design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Magelang yang berjumlah 181 siswa. ...
39-UN57.U1-SPM-VII-2023 | MATEMATIKA SOI E 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain