Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER BERBASIS LKS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII
ABSTRAK Ayuningrum, Nabilah Chanda. 2023. “Pengaruh Model Numbered Heads Together Berbasis LKS Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas VII”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Syita Fatih ‘Adna, S.Pd., M.Sc., Pembimbing II Fadhilah Rahmawati, M.Pd.
Kata Kunci: Numbered Heads Together berbasis LKS, Kemampuan Pemecahan Masalah, Motivasi Belajar
Implementasi Kurikulum Merdeka merupakan kebijakan baru yang diterapkan dalam pendidikan di Indonesia masa pasca pandemi Covid 19. Dalam implementasinya, terdapat beberapa kemampuan yang harus dikuasai siswa salah satunya kemampuan pemecahan masalah siswa. Kemampuan pemecahan masalah penting dikuasai siswa karena dapat mengasah kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa yang dibutuhkan dalam siswa abad 21. Faktanya, hasil tes kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Mertoyudan dalam kategori rendah. Hal ini dikarenakan model pembelajaran yang digunakan belum mampu mengembangkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Selain itu, adanya perbedaan motivasi belajar setiap siswa. Tujuan penelitian adalah (1) menganalisis perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa model pembelajaran NHT berbasis LKS dengan siswa model pembelajaran langsung, (2) menganalisis siswa motivasi belajar tinggi memiliki kemampuan pemecahan masalah paling baik di antara motivasi belajar lainnya, dan (3) mengidentifikasi interaksi antara model pembelajaran NHT berbasis LKS dengan motivasi belajar siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Bentuk desain penelitian ini adalah quasi experimental design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Mertoyudan. Sampel didapatkan menggunakan teknik cluster random sampling. Didapatkan dua kelas yakni kelas VII A sebagai kelas eksperimen, dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, tes, angket, dan dokumentasi. ...
42-UN57.U1-SPM-VII-2023 | MATEMATIKA AYU P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain