Text
SKRIPSI EFEKTIVITAS E-LKPD BERBASIS MODEL PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA
ABSTRAK
Rahmawati, Fani. 2022. “Efektivitas E-LKPD Berbasis Model Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Riva Ismawati, S.Pd., M.Sc., Pembimbing II Eko Juliyanto, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: E-LKPD, POGIL, Keterampilan Proses Sains
Pembelajaran IPA harus menyentuh aspek proses, dimana melalui proses ilmiah akan menghasilkan produk ilmiah dan membentuk sikap ilmiah. Keterampilan proses sains (KPS) merupakan hal mendasar bagi siswa dalam menggunakan metode ilmiah untuk mengembangkan sains dan diharapkan dengan menggunakan keterampilan ini siswa dapat mengembangkan pengetahuan yang sudah dimilikinya dan mendapatkan pengetahuan baru. KPS dasar siswa kelas 8 SMPN 1 Tegalrejo dalam kategori sangat rendah. Bahan ajar yang digunakan siswa dalam pembelajaran belum dirancang untuk melatihkan KPS pada siswa. Oleh karena itu, diperlukan bahan ajar efektif dalam melatih KPS pada siswa yaitu E-LKPD berbasis model POGIL. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui keefektifan E-LKPD berbasis model POGIL dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif menggunakan desain quasi eksperimen dalam bentuk nonequivalent control group design. Sampel pada penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuisioner dan tes. Kuisioner untuk memperoleh data terkait kelayakan LKPD dan RPP yang digunakan. Tes digunakan sebagai alat untuk mengukur tingkat KPS pada setiap individu siswa. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari uji N-Gain, uji T dan uji effect size. Hasil analisis data menunjukkan hasil uji T antara nilai rata-rata dari N-Gain pada kedua kelas tersebut menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan dengan angka signifikansinya sebesar 0,000. Hasil ini didukung dengan hasil uji effect size menunjukkan nilai 2,5 yang berada pada kategori tinggi. Hasil uji N-Gain menunjukkan peningkatan pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan peningkatan kelas kontrol, yaitu nilai rata-rata dari N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,59 dan nilai rata-rata dari N-Gain kelas kontrol sebesar 0,35. Kesimpulan pada penelitian ini adalah E-LKPD berbasis model POGIL efektif untuk meningkatkan KPS siswa. Saran yang dikemukakan peneliti yaitu sebaiknya perlu perencanaan alokasi waktu pembelajaran dengan lebih baik dan penggunaan E-LKPD berbasis model POGIL dapat dipadukan dengan pendekatan atau metode pembelajaran lain untuk dapat melatih keterampilan mengkomunikasikan siswa dengan lebih baik.
38-UN57.U1-SI-VII-2023 | IPA RAH E 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain