Text
SKRIPSI ANALISIS MUATAN BERPIKIR KRITIS DALAM BUKU IPA SMP KELAS VIII
ABSTRAK Putri, Hernita Indriyana (2023). “Analisis Muatan Berpikir Kritis dalam Buku IPA SMP Kelas VIII”. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Ahmad Muhlisin, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Nuryunita Dewantari, S.Pd., M.Pd.
Berpikir kritis adalah kemampuan seseorang untuk menginterpretasi, menganalisis, mengevaluasi, menalar, memaparkan bukti, dan membuat pertimbangan kontekstual sebagai dasar pengambilan keputusan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola aspek berpikir kritis yang terdapat pada buku IPA SMP kelas VIII dan mengetahui frekuensi kemunculannya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis isi. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah credibility, transferbility, dependability, dan confirmability. Analisis data menggunakan metode perbandingan tetap yang terdiri dari tahap reduksi, mengorganisasi, kategorisasi, sintesisasi, dan menyusun hipotesis kerja. Hasil penelitian mendapatkan 2 level berpikir kritis Facione. Mayoritas berpikir kritis pada kedua buku teks berada pada level 1 yang mendeskripsikan 1 sampai 3 aspek berpikir kritis. Pola terbanyak yang ditemukan adalah K-P, sedangkan pola yang ditemukan paling sedikit adalah K-P-A-E-I. Kesimpulan penelitian ini terdapat perbedaan muatan pola berpikir kritis pada kedua buku teks. Buku IPA Bumi Aksara mempunyai 6 pola berpikir kritis dengan persentase 6% pola K, 63% pola K-P, 9% pola K-P-A, 9% pola K-P-R, 11% pola K-P-A-E, dan 2% pola K-P-A-E-I. Buku IPA Kemendikbud mempunyai 4 pola dengan persentase 65% pola K-P, 12% pola K-P-A, 21% pola K-P-R, dan 2% pola K-P-A-E-I. Kedua buku teks mempunyai kekurangan dalam menyajikan aspek berpikir kritis secara lengkap.
Kata Kunci: Critical Thinking, Buku Teks
46-UN57.U1-SI-VII-2023 | IPA PUT A 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain