PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI KOMPARASI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RADEC DAN SAVI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA

DINAR AULIA PONCO PUTRI - Nama Orang;

ABSTRAK Putri, Dinar Aulia Ponco. 2023. “Penerapan Model Pembelajaran RADEC dan SAVI Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa”. Skripsi Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Rina Rahayu, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Riva Ismawati, S.Pd., M.Sc.
Kata Kunci: Keterampilan Berpikir Kreatif, RADEC, SAVI
Pada era revolusi industri 4.0 keterampilan berpikir kreatif mempunyai peran yang sangat penting. Cara yang dapat dilakukan guna meningkatkan keterampilan berpikir kreatif pada siswa salah satunya yaitu menerapkan model pembelajaran yang relevan. Pelajar di negara kita memiliki keterampilan berpikir kreatif yang masih rendah. Hal ini dibuktikan dengan tinjauan hasil Programme for International Students Assesment (PISA) pada tahun 2018 hasil yang diperoleh dalam ilmu sains yaitu negara Indonesia menduduki urutan 70 dari total 78 negara. Apabila ditinjau dari hasil wawancara yang dilakukan dengan guru mata pelajaran IPA SMP N 7 Magelang permasalahan yang sering dijumpai dalam proses pembelajaran yaitu siswa mengalami kesulitan dalam menerima materi yang disampaikan oleh guru karena menggunakan metode yang bersifat satu arah, sehingga siswa tidak banyak berperan aktif selama proses pembelajaran dan kreativitas siswa menjadi tidak tersalurkan selama proses pembelajaran, dengan ini maka peneliti menerapkan model pembelajaran RADEC dan SAVI dalam proses pembelajaran. Berbeda dengan penelitian terdahulu, kali ini peneliti akan mengkomparasikan dua buah model pembelajaran yaitu RADEC dan SAVI kemudian menganalisis pengaruhnya dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hasil komparasi keterampilan berpikir kreatif siswa yang belajar dengan model RADEC dan SAVI. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain Pretest Postest Nonequivalent Multiple-Group Design. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas VIII D dan VIII F SMP N 7 Magelang. Instrumen yang digunakan adalah soal wawancara dan soal essay yang berjumlah masing-masing 4 yang didalamnya memuat materi sistem ekskresi dan indikator keterampilan berpikir kreatif. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu kelas SAVI memiliki hasil yang lebih baik dengan besar nilai uji N-Gain 53,6 sedangkan kelas RADEC yang memiliki hasil uji N-Gain 25,7. Faktor yang menyebabkan nilai kelas SAVI lebih tinggi yaitu adanya kegiatan praktikum saat pembelajaran sehingga membuat siswa menjadi lebih aktif dan antusias, kegiatan praktikum juga mengajak siswa untuk membangun pengetahuannya secara mandiri dan ilmu yang diserap menjadi lebih maksimal. Kelas RADEC memiliki kekurangan yaitu kegiatan belajar didominasi dengan membaca sehingga siswa menjadi lebih cepat bosan, tidak adanya fasilitas yang memadai menyebabkan siswa menjadi kurang antusias dalam belajar dan kegiatan belajar menjadi tidak maksimal. Kesimpulan pada penelitian ini adalah hasil komparasi keterampilan berpikir kreatif siswa kelas SAVI memiliki nilai yang lebih baik apabila dibandingkan dengan kelas RADEC.


Ketersediaan
44-UN57.U1-SI-VII-2023IPA PUT K 2023Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA PUT K 2023
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2023
Deskripsi Fisik
XIV;212HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I, BAB II, BAB III
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik