Text
SKRIPSI KOMPARASI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RADEC DAN SAVI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA
ABSTRAK Putri, Dinar Aulia Ponco. 2023. “Penerapan Model Pembelajaran RADEC dan SAVI Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa”. Skripsi Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Rina Rahayu, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Riva Ismawati, S.Pd., M.Sc.
Kata Kunci: Keterampilan Berpikir Kreatif, RADEC, SAVI
Pada era revolusi industri 4.0 keterampilan berpikir kreatif mempunyai peran yang sangat penting. Cara yang dapat dilakukan guna meningkatkan keterampilan berpikir kreatif pada siswa salah satunya yaitu menerapkan model pembelajaran yang relevan. Pelajar di negara kita memiliki keterampilan berpikir kreatif yang masih rendah. Hal ini dibuktikan dengan tinjauan hasil Programme for International Students Assesment (PISA) pada tahun 2018 hasil yang diperoleh dalam ilmu sains yaitu negara Indonesia menduduki urutan 70 dari total 78 negara. Apabila ditinjau dari hasil wawancara yang dilakukan dengan guru mata pelajaran IPA SMP N 7 Magelang permasalahan yang sering dijumpai dalam proses pembelajaran yaitu siswa mengalami kesulitan dalam menerima materi yang disampaikan oleh guru karena menggunakan metode yang bersifat satu arah, sehingga siswa tidak banyak berperan aktif selama proses pembelajaran dan kreativitas siswa menjadi tidak tersalurkan selama proses pembelajaran, dengan ini maka peneliti menerapkan model pembelajaran RADEC dan SAVI dalam proses pembelajaran. Berbeda dengan penelitian terdahulu, kali ini peneliti akan mengkomparasikan dua buah model pembelajaran yaitu RADEC dan SAVI kemudian menganalisis pengaruhnya dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hasil komparasi keterampilan berpikir kreatif siswa yang belajar dengan model RADEC dan SAVI. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain Pretest Postest Nonequivalent Multiple-Group Design. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas VIII D dan VIII F SMP N 7 Magelang. Instrumen yang digunakan adalah soal wawancara dan soal essay yang berjumlah masing-masing 4 yang didalamnya memuat materi sistem ekskresi dan indikator keterampilan berpikir kreatif. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu kelas SAVI memiliki hasil yang lebih baik dengan besar nilai uji N-Gain 53,6 sedangkan kelas RADEC yang memiliki hasil uji N-Gain 25,7. Faktor yang menyebabkan nilai kelas SAVI lebih tinggi yaitu adanya kegiatan praktikum saat pembelajaran sehingga membuat siswa menjadi lebih aktif dan antusias, kegiatan praktikum juga mengajak siswa untuk membangun pengetahuannya secara mandiri dan ilmu yang diserap menjadi lebih maksimal. Kelas RADEC memiliki kekurangan yaitu kegiatan belajar didominasi dengan membaca sehingga siswa menjadi lebih cepat bosan, tidak adanya fasilitas yang memadai menyebabkan siswa menjadi kurang antusias dalam belajar dan kegiatan belajar menjadi tidak maksimal. Kesimpulan pada penelitian ini adalah hasil komparasi keterampilan berpikir kreatif siswa kelas SAVI memiliki nilai yang lebih baik apabila dibandingkan dengan kelas RADEC.
44-UN57.U1-SI-VII-2023 | IPA PUT K 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain