Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN BUKU SAKU BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI EKOLOGI DAN KEANEKARAGAMAN HAYATI INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA
ABSTRAK
Ciptaningrum, Rizky B. 2023. “Pengembangan Buku Saku Berbasis Kontekstual Pada Materi Ekologi Dan Keanekaragaman Hayati Indonesia Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa”. Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Suwito Singgih, M.Pd., Pembimbing II Dr. Ahmad Muhlisin, M.Pd.
Kata Kunci: Buku Saku, Pendekatan Kontekstual, Keterampilan Proses Sains
Keterampilan proses sains merupakan keterampilan yang penting untuk ditekankan dalam pembelajaran IPA agar mendorong siswa untuk belajar melalui pengetahuan sehingga siswa dapat memecahkan suatu permasalahan dan menemukan solusi. Berdasarkan kegiatan pengamatan yang dilakukan di SMPIT Ihsanul Fikri Kota Magelang ditemukan beberapa permasalahan diantaranya penggunaan model pembelajaran teacher center learning yang mendominasi dalam pembelajaran IPA, guru yang tidak mengimplementasikan seluruh aktivitas dalam buku paket, belum adanya pendekatan pembelajaran yang dapat melatihkan keterampilan proses sains, serta rendahnya keterampilan proses sains siswa. Dengan demikian dari permasalahan diatas, perlu dikembangkan suatu bahan ajar pendukung buku paket yaitu berupa buku saku yang terintegrasi pendekatan kontekstual yang melatihkan keterampilan proses sains pada siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas buku saku berbasis kontekstual pada materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati Indonesia, mengetahui efektivitas buku saku dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa, dan kepraktisan buku saku berbasis kontekstual yang diujicobakan di SMPIT Ihsanul Fikri Kota Magelang.
Metode dalam penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE. Validasi buku saku berbasis kontekstual dilakukan oleh validator ahli media dan ahli materi. Uji validitas instrumen tes dilakukan oleh empat orang ahli dan uji reliabilitasnya dilakukan oleh 18 orang siswa kelas VIII. Buku saku berbasis kontekstual diimplementasikan mengunakan teknik purposive sampling dengan subjek penelitian berjumlah 47 orang siswa kelas VII. Uji kepraktisan buku saku berbasis kontekstual dilakukan oleh siswa.
Hasil penelitian menunjukan bahwa uji validitas prosuk dinyatakan valid untuk dipergunakan dengan presentase ahli materi sebesar 77% dan ahli media sebesar 84%. Uji efektivitas dilakukan dengan uji N-gain yang memperoleh rata-rata 0,48 dengan kategori sedang dan uji Effect Size yang memperoleh hasil 1,6 dengan ketegori tinggi. Uji kepraktisan yang dilakukan oleh siswa mendapat presentase sebesar 82% dengan kategori sangat praktis.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah buku saku berbasis kontekstual layak untuk dipergunakan, efektif dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa, dan sangat praktis untuk diimplementasikan dalam pembelajaran IPA. Peneliti menyarankan kepada peneliti lain untuk mengoptimalkan pengembangan buku saku berbasis kontekstual dengan memperhatikan kekurangan pada penelitian ini.
45-UN57.U1-SI-VII-2023 | IPA BUD P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain