Text
SKRIPSI IDENTIFIKASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH IPA SISWA KELAS VIII BERDASARKAN INDIKATOR POLYA DI KOTA MAGELANG
ABSRAK Ma’rifah, Lili Inayathul. 2023. ―Identifikasi Kemampuan Pemecahan Masalah IPA Siswa Kelas VIII Berdasarkan Indikator Polya di Kota Magelang‖. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Suwito Singgih, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Nuryunita Dewantari, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Indikator Polya, Tekanan Zat
Dalam proses pembelajaran IPA, siswa membutuhkan kemampuan pemecahan masalah sebagai langkah pertama untuk mengembangkan ide serta keterampilan menyelesaikan soal IPA. Permasalahan yang sering muncul seperti, siswa menggunakan cara yang sama ketika diberikan soal yang redaksinya telah diubah dan berbeda. Oleh karena itu, perlu adanya identifikasi jawaban siswa untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa berdasarkan indikator keterampilan pemecahan masalah Polya (1973). Tujuan penelitian ini dilakukan yaitu untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah IPA siswa kelas VIII terhadap penyelesaian soal uraian pada materi tekanan zat melalui konsep indikator Polya di Kota Magelang. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif deskriptif, dan sampel data penelitian yang digunakan ialah siswa kelas VIII sejumlah satu kelas setiap SMP. Sumber data primer, berupa soal uraian materi tekanan zat, subjek penelitian yakni menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah IPA berdasarkan indikator Polya yaitu pada tahap memahami masalah mendapat nilai rata-rata sebanyak 86,08% dan tahap membuat rencana sebanyak 78,88%, masuk dalam kategori tinggi. Pada tahap melaksankan rencana mendapat nilai rata-rata 70,86% masuk dalam kategori sedang, sedangkan tahap meninjau kembali masuk dalam kategori rendah karena memiliki nilai rata-rata 42,65%. Ada banyak faktor yang menyebabkan rendahnya tahapan meninjau kembali seperti tidak hafal rumus, siswa tidak terbiasa dengan soal yang redaksinya panjang, siswa kekurangan waktu untuk memengecek kembali hasil jawaban dan tidak terbiasa memberikan kesimpulan setelah mendapatkan jawaban. Jadi, kesimpulan dari penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah IPA siswa kelas VIII terhadap penyelesaian soal uraian pada materi tekanan zat berdasarkan indikator Polya di Kota Magelang yaitu masih rendahnya kemampuan pemecahan masalah IPA pada tahap meninjau kembali.
42-UN57.U1-SI-VII-2023 | IPA MAR I 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain