Text
SKRIPSI ANALISIS INDIKATOR KETERAMPILAN PROSES SAINS TERINTEGRASI PADA BUKU IPA TERPADU KELAS VIII SEMESTER 1
ABSTRAK
Syakura, M Abdan. 2023. “Analisis Indikator Keterampilan Proses Sains Terintegrasi Pada Buku IPA Terpadu Kelas VIII Semester 1”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA Jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Eli Trisnowati, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Rina Rahayu, S.Pd., M.Pd.
Pola mendefinisikan operasional yang tersedia dalam buku adalah mendefinisikan variabel dalam konteks temuan. Pola menginterpretasi data yang tersedia meliputi menyatakan hubungan antar informasi, menganalisis temuan berdasarkan data yang dikumpulkan, mengidentifikasi pola atau tren dari pengamatan dan pengukuran, mendiskusikan yang ditemukan dalam kaitannya dengan pertanyaan atau hipotesis awal, serta menarik kesimpulan yang diringkas konsisten dengan semua bukti yang dikumpulkan. Pola membuat hipotesis yang tersedia adalah membuat penjelasan dengan semua bukti yang dikumpulkan. Pola mengidentifikasi dan mengontrol variabel yang tersedia meliputi membedakan antara variabel yang merespons, konstan, dan yang dimanipulasi, mengidentifikasi apa yang perlu dilakukan pada variabel yang dimanipulasi, serta mengidentifikasi apa yang perlu diukur pada variabel respon. Pola melakukan eskperimen yang tersedia meliputi memilih dan menggunakan peralatan yang sesuai, melakukan eksperimen untuk menguji hipotesis, membuat kesimpulan berdasarkan data yang terkumpul, mengumpulkan data secara jujur, membuat hipotesis yang dapat diuji, melaporkan hasil percobaan, serta merancang prosedur secara ilmiah. Indikator keterampilan proses sains terintegrasi disediakan dalam bentuk latihan soal, kegiatan diskusi, kegiatan praktikum, dan soal uji kompetensi. Pada kegiatan praktikum, pola yang tersedia lebih eskplisit karena memuat pola indikator melakukan eksperimen yang kompleks.
Buku IPA Terpadu Kelas VIII Semester 1 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 menunjukkan ketersediaan semua indikator keterampilan proses sains terintegrasi yang meliputi mendefinisikan operasional, menginterpretasi data, membuat hipotesis, mengidentifikasi dan mengontrol variabel, dan melakukan eksperimen.
Kata Kunci: Keterampilan Proses Sains, Keterampilan Proses Sains Terintegrasi, Buku IPA Kegiatan penelitian analisis buku sangat penting dilakukan untuk mengetahui apakah buku IPA tersebut memberi peserta didik kesempatan untuk mempelajari keterampilan proses sains atau tidak. Kondisi penelitian yang berfokus pada indikator keterampilan proses sains dalam buku IPA terbatas. Tujuan penelitian yaitu menganalisis ketersediaan indikator keterampilan proses sains terintegrasi pada Buku IPA Terpadu Kelas VIII Semester 1 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017.
40-UN57.U1-SI-VII-2023 | IPA SYA A 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain