Text
SKRIPSI DETERMINAN RETENSI KARYAWAN (STUDI KASUS PADA SALES FORCE PT TELKOM INDONESIA WITEL MAGELANG)
Abstrak
Retensi karyawan adalah kemampuan perusahaan untuk mempertahankan karyawan yang potensial agar tetap bekerja di organisasi dalam jangka waktu yang lama. Retensi karyawan merupakan aspek yang penting dalam manajemen sumber daya manusia karena dengan retensi karyawan perusahaan mendapatkan banyak manfaat seperti penghematan biaya, produktivitas yang lebih tinggi, hingga daya saing yang lebih baik. Penelitian mengenai retensi karyawan masih perlu untuk dilakukan karena masih ditemukan adanya research gap dan fenomena gap terkait topik ini. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris mengenai determinan retensi karyawan pada sales force PT Telkom Indonesia Witel Magelang dengan menguji pengaruh dari kepemimpinan, lingkungan kerja non-fisik, dan perceived organizational support terhadap retensi karyawan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan survei. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada responden yaitu sales force PT Telkom Indonesia Witel Magelang. Sampel penelitian yang digunakan adalah sebanyak 65 responden. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kepemimpinan tidak berpengaruh terhadap retensi karyawan, sedangkan lingkungan kerja non-fisik dan perceived organizational support berpengaruh terhadap retensi karyawan pada sales force PT Telkom Indonesia Witel Magelang.
Kata Kunci: Retensi Karyawan, Kepemimpinan, Lingkungan Kerja Non-Fisik, Perceived Organizational Support
55-UN57.U1-SMJ-VII-2023 | MANAJEMEN PRA D 2023 | Ruang Skripsi (MANAJEMEN) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain