Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN STRATEGI OBJEK WISATA DALAM UPAYA PENINGKATAN KUNJUNGAN WISATAWAN (STUDI TERHADAP OBJEK WISATA GUA PETRUK KECAMATAN AYAH KABUPATEN KEBUMEN)
ABSTRAK
Jumlah pengunjung Objek Wisata Gua Petruk hanya 0,47% dari total 4.506.808 pengunjung. Pendapatan yang diterima objek wisata Gua Petruk hanya sebesar 0,52% dari total pendapatan pada tahun 2022, dan 0,41% dari total pendapatan pada triwulan pertama 2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi internal dan eksternal objek wisata Gua Petruk. Penelitian ini juga bertujuan untuk merumuskan strategi alternatif serta menentukan rumusan strategi baru objek wisata Gua Petruk dalam meningkatkan kunjungan wisatawan. Data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder dimana data primer di peroleh dari hasil wawancara dan observasi, sedangkan data sekunder diperoleh dari jurnal, buku dan studi kepustakaan. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis marketing mix7P untuk mengidentifikasi kondisi internal objek wisata Gua Petruk. Analisis PESTEL digunakan untuk mengidentifikasi kondisi eksternal objek wisata Gua Petruk. Analisis SWOT dan Matriks QSPM digunakan untuk merumuskan dan menentukan strategi alternatif untuk objek wisata Gua Petruk untuk meningkatkan kunjungan wisatawan. Hasil penelitian menyatakan bahwa strategi yang dapat di terapkan pada objek wista Gua Petruk adalah strategi WO. Alternatif strategi yang dapat dipilih yaitu alternatif strategi pertama memberikan pelatihan secara berkala kepada SDM terkait keterampilan penggunaan teknologi dan pengelolaan objek wisata. Alternatif strategi kedua yaitu meningkatkan kuantitas dan kualitas sarana dan prasarana. Alternatif strategi ketiga yaitu mengembangkan strategi promosi, dan bekerja sama dengan pihak lain.
Kata kunci: SWOT, QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix), Objek Wisata
53-UN57.U1-SMJ-VII-2023 | MANAJEMEN ADA P 2023 | Ruang Skripsi (MANAJEMEN) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain