Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ETHNOMATHEMATICS-AR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR GEOMETRIS PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR SMP
ABSTRAK
Ekawati, Meili. 2023. “Pengembangan Media Pembelajaran Ethnomathematics-Ar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Geometris Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Megita Dwi Pamungkas, M.Pd., Pembimbing II Fadhilah Rahmawati, M.Pd.
Kata Kunci : Augmented Reality, Bangun Ruang Sisi Datar, Etnomatematika, Kemampuan Berpikir Geometris, Media Pembelajaran.
Kualitas pembelajaran matematika harus selalu ditingkatkan karena matematika merupakan satu dari banyaknya ilmu yang berpengaruh penting dalam kehidupan. Ketika mempelajari matematika khususnya studi geometri, peserta didik harus memiliki kemampuan berpikir geometri yang tinggi. Kemampuan berpikir geometris sendiri memiliki posisi penting sebagai upaya mengelola suatu bahan berupa materi, informasi, pertanyaan masalah atau lainnya.
Tahapan kemampuan berpikir geometris sendiri akan membantu pengajar menentukan langkah pembelajaran yang tepat. Berdasarkan analisis kebutuhan pada kelas VIII G MTs N Kota Magelang diperoleh informasi 1) mata pelajaran matematika dinilai menjadi mata pelajaran yang susah oleh banyak peserta didik, 2) pembelajaran matematika belum mengaitkan dengan etnomatematika dan teknologi, 3) kemampuan berpikir geometri peserta didik yang masih rendah. Upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mengembangkan media pembelajaran Ethnomathematics AR untuk meningkatkan kemampuan berpikir geometris peserta didik.
Metode penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Model yang dipakai adalah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran Ethnomathematics AR untuk meningkatkan kemampuan berpikir geometrispeserta didik. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII G MTs N Kota Magelang dengan jumlah 21 peserta didik. ...
36-UN57.U1-SPM-VII-2023 | MATEMATIKA EKA P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain