Text
SKRIPSI STUDI DAYA DUKUNG BORED PILE DENGAN METODE ANALITIS DAN METODE NUMERIS (STUDI KASUS: PROYEK JALAN TOL YOGYAKARTA-BAWEN SEKSI 1)
INTISARI
Tanah disetiap daerah memiliki karakteristik yang berbeda, maka dibutuhkan sebuah perhitungan untuk menganalisa besar daya dukung tanah dengan metode yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa daya dukung tanah dan melakukan perbandingan beberapa metode perhitungan daya dukung yang kemudian hasilnya dapat digunakan sebagai saran dan bahan pertimbangan dalam mendesain daya dukung tanah. Penelitian ini mengitung besar daya dukung secara analitis dengan data SPT metode Luciano Decourt dan Mayerhof, serta secara numeris dengan Plaxis, dan menghitung penurunan tiang. Metodologi pengumpulan data dilakukan dengan pengambilan data sekunder dari dari ADHI-JMTM, KSO. Hasil perhitungan daya dukung ultimit untuk tiang bor diameter 1,2 m dengan data SPT dengan metode Luciano Decourt diperoleh 2051,95 ton, metode Meyerhof 1847,23 ton, uji PDAdengan metode CAPWAP diperoleh nilai 1535 ton sedangkan hasil perhitungan dengan Metode Numeris menggunakan pemodelan Mohr-Coloumb diperoleh daya dukung ultimit sebesar 2188,68 ton. Hasil penurunan tiang bor secara analitis penurunan tiang 119,3 mm, PDA Test sebesar 15,9 mm, pada program Plaxis penurunan tiang bor dengan penambahan beban 520 ton yakni sebesar 57,88 mm dengan penurunan ijin sebesar 120 mm. Perbedaan daya dukung dan penurunan tersebut disebabkan oleh keterbatasan program untuk memodelkan tanah pasir serta ketelitian dalam uji lapangan.
Kata kunci: daya dukung, luciano decourt, meyerhof, penurunan
47-UN57.U1-STS-VIII-2023 | SIPIL SET S 2023 | Ruang Skripsi (TEKNIK SIPIL) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain