Text
SKRIPSI PERENCANAAN OPTIMALISASI RUTE TRAYEK ANGKUTAN KOTA DI KOTA MAGELANG
INTISARI
Pelayanan angkutan kota di Kota Magelang saat ini sebanyak 12 trayek, pada kondisi eksisting hanya 10 trayek yang aktif beroprasi. Tumpang tindih yang tinggi menjadi salah satu faktor penyebab trayek mati. Persaingan moda transportasi seperti ojek online dan kepemilikan kendaraan pribadi menyebabkan kurangnya minat masyarakat menggunakan angkutan kota. Hal ini berdampak pada penurunan load factor. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja operasional, kinerja trayek dan perencanaan optimalisasi trayek angkutan, sehingga kinerja trayek dan kinerja operasional angkutan lebih efektif daripada trayek eksisting. Penelitian dilakukan dengan melakukan analisis kinerja operasional dan kinerja trayek pada kondisi eksisting. Analisis perencanaan trayek berdasarkan Matriks Asal Tujuan dari distribusi perjalanan pengguna angkutan aktual pada survei dinamis. Kemudian dilakukan analisis kinerja operasional angkutan rencana. Hasil analisis diperoleh 7 trayek angkutan kota, terdapat penurunan sebesar 30% dari 10 trayek eksisting. Didapatkan kinerja trayek dan kinerja operasional yang lebih efektif. Load factor yang rata – rata mulanya 39% menjadi rata - rata 70%. Tumpang tindih trayek yang semula rata – rata 83% menjadi rata – rata 60%. Headway yang mulanya rata – rata 12,7 menit menjadi rata – rata 10 menit. Kebutuhan armada sebanyak 27 unit dengan kecepatan kendaraan rencana 30 km/jam.
Kata Kunci : Angkutan Kota, Kinerja operasional, Kinerja trayek
45-UN57.U1-STS-VIII-2023 | SIPIL MUD P 2023 | Ruang Skripsi (TEKNIK SIPIL) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain