Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE (SSCS) BERBANTUAN LKPD TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR
ABSTRAK
Ngaini, Siti Anifatul. 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) Berbantuan LKPD Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Motivasi Belajar”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Zuida Ratih Hendrastuti M.Pd., Pembimbing II Syita Fatih ‘Adna, S.Pd., M.Sc.
Kata Kunci: SSCS, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Motivasi Belajar
Salah satu kemampuan yang harus dikuasai peserta didik adalah kemampuan pemecahan masalah matematis. Berdasarkan hasil tes awal yang dilakukan pada kelas XI SMA Negeri 1 Bandongan, kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik masih tergolong rendah. Peserta didik belum memenuhi seluruh indikator kemampuan pemecahan masalah matematis. Selain itu, peserta didik tidak berperan aktif selama proses pembelajaran di kelas. Berdasarkan permasalahan tersebut, dilakukan penelitian lebih lanjut dengan tujuan untuk (1) menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang memperoleh pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) berbantuan LKPD lebih baik daripada peserta didik yang memperoleh pembelajaran langsung; (2) menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dengan motivasi belajar tinggi lebih baik daripada peserta didik dengan motivasi belajar sedang dan rendah serta kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dengan motivasi belajar sedang lebih baik daripada peserta didik dengan motivasi belajar rendah; dan (3) menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dengan motivasi belajar tinggi yang memperoleh pembelajaran SSCS berbantuan LKPD sama baiknya dengan peserta didik dengan motivasi belajar tinggi yang memperoleh pembelajaran langsung sementara kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dengan motivasi belajar sedang dan rendah yang memperoleh pembelajaran SSCS berbantuan LKPD lebih baik jika dibandingkan dengan peserta didik yang memiliki motivasi belajar sedang dan rendah yang memperoleh pembelajaran langsung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Experimental bentuk Nonequivalent Posttest-only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Bandongan. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Pengambilan data menggunakan instrumen tes berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematis serta instrumen non-tes berupa angket motivasi belajar, pedoman wawancara, lembar observasi serta angket validasi. Teknik analisis data menggunakan uji Anava dua jalan dan uji lanjut yaitu uji Scheffe. Uji Anava dua jalan dilakukan setelah data memenuhi uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. ...
48-UN57.U1-SPM-VIII-2023 | MATEMATIKA NGA P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain