Text
SKRIPSI EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA KELAS X
ABSTRAK
Nisrina, A. 2023. “Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Think Talk Write (TTW) Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas X”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Aprilia Nurul Chasanah, M.Pd., Pembimbing II Yesi Franita, S.Si., M.Sc.
Kata kunci: Kemampuan representasi matematis, Problem Based Learning, Think Talk Write
Rendahnya kemampuan representasi matematis siswa disebabkan oleh kurang maksimalnya penerapan model pembelajaran. Model pembelajaran yang diterapkan guru adalah model pembelajaran Poblem Based Learning dan pembelajaran langsung. Hanya saja penerapan model pembelajaran langsung lebih sering diterapkan dibandingkan dengan model Poblem Based Learning, sehingga siswa tidak dapat mengembangkan kemampuan representasi matematis.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas model pembelajaran Think Talk Write dibandingkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Selain itu, untuk menganalisis peningkatan kemampuan representasi matematis siswa antara yang mendapatkan model pembelajaran Problem Based Learning dan siswa yang mendapatkan model pembelajaran Think Talk Write.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen semu. Populasi yang dipakai dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X SMA Negeri 1 Grabag, sedangkan sampel dipilih dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi.
47-UN57.U1-SPM-VIII-2023 | MATEMATIKA ALI E 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain