Text
SKRIPSI EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS VIII PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR
ABSTRAK
Suciati. 2023. “Efektivitas Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Berbasis Etnomatematika terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas VIII pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Megita Dwi Pamungkas, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Syita Fatih ‘Adna, S.Pd., M.Sc.
Kata Kunci: Bangun Ruang Sisi Datar; Etnomatematika; Kemampuan Literasi Matematika; Model Pembelajaran CTL.
Kemampuan literasi matematika siswa Indonesia tergolong rendah menurut hasil penilaian PISA salah satunya di SMP Negeri 2 Magelang. Dibutuhkan model pembelajaran inovatif yang mampu menghubungkan materi matematika dengan konteks kehidupan. Salah satunya yaitu model pembelajaran CTL berbasis etnomatematika.
Tujuan penelitian ini ialah untuk menganalisis ketuntasan kemampuan literasi matematika siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model pembelajaran CTL berbasis etnomatematika. Kemudian untuk menganalisis ketuntasan kemampuan literasi matematika siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model pembelajaran CTL. Selain itu untuk menganalisis efektivitas model pembelajaran CTL berbasis etnomatematika dibandingkan model pembelajaran CTL terhadap kemampuan literasi matematika siswa.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif menggunakan metode kuasi eksperimen dengan posttest only control group design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Magelang tahun ajaran 2022/2023. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling yang terdiri dari 2 kelas. Sedangkan pengambilan data menggunakan teknik wawancara, angket, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data akhir. Analisis data akhir terdiri dari uji ketuntasan belajar menggunakan uji proporsi dan uji perbedaan rerata menggunakan uji independent sample t-test. ...
46-UN57.U1-SPM-VIII-2023 | MATEMATIKA SUC E 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain