PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI

ANANDA AJENG PANGESTU - Nama Orang;

ABSTRAK
Pangestu, Ananda Ajeng. 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau dari Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Syita Fatih ‘Adna, S. Pd., M. Sc., Pembimbing II Yesi Franita, S. Si., M. Sc.
Kata Kunci: Guided Inquiry, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Motivasi Belajar Matematika
Kemampuan berpikir kritis matematis adalah salah satu kemampuan yang harus dimiliki siswa dalam menyelesaikan permasalahan dalam matematika. Nilai yang diperoleh pada tes kemampuan awal siswa di SMA Negeri 1 Salaman adalah 51,62 yang menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis siswa berada dalam kategori rendah. Siswa bersikap pasif selama pembelajaran yang tidak sesuai dengan teori belajar konstruktivisme menyebabkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa kurang berkembang. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) menganalisis kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran guided inquiry lebih baik dibandingkan siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran direct instruction; (2) menganalisis kemampuan berpikir kritis matematis pada siswa motivasi belajar tinggi lebih baik dari kemampuan berpikir kritis matematis siswa dengan motivasi belajar sedang dan rendah, serta kemampuan berpikir kritis matematis siswa dengan motivasi belajar sedang lebih baik dari kemampuan berpikir kritis matematis siswa dengan motivasi belajar rendah; dan (3) menganalisis interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar matematika terhadap kemampuan berpikir kritis matematis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi experiment. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model pembelajaran dan motivasi belajar matematika, sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Teknik pengambilan sampel adalah cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan uji ANAVA dua jalan dan uji lanjut, yaitu uji Scheffe.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
MATEMATIKA PAN P 2023
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2023
Deskripsi Fisik
XVIII;342HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_MATEMATIKA
FAKULTAS_KEGURUAN_DAN_ILMU_PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik