Text
SKRIPSI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS ETNOMATEMATIKA BERBANTUAN E-LKPD TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS
ABSTRAK
Lestari, A. K. 2023. “Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Etnomatematika Berbantuan E-LKPD terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Syita Fatih ‘Adna, S.Pd., M.Sc., Pembimbing II Aprilia Nurul Chasanah, S.Pd., M.Pd.
Kata kunci: E-LKPD, Etnomatematika, Model PBL, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis
Kemampuan pemecahan masalah matematis menjadi salah satu faktor keberhasilan dalam belajar matematika yang penting untuk dimiliki peserta didik. Hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik SMPN 1 Bandongan menunjukkan bahwa kemampuan tersebut dikategorikan rendah. Hal ini dipengaruhi oleh kesulitan peserta didik dalam memecahkan masalah yang disebabkan pembelajaran masih berpusat pada pendidik. Oleh karena itu, dibutuhkan model pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis. Salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran PBL berbasis etnomatematika berbantuan E-LKPD.
Tujuan penelitian yaitu menganalisis ketuntasan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran PBL berbasis etnomatematika berbantuan E-LKPD secara klasikal dan menganalisis ketuntasan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung secara klasikal. Selain itu, menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran PBL berbasis etnomatematika berbantuan E-LKPD dibandingkan dengan peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian quasi experimental yaitu the nonequivalent posttest-only control group design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini ialah peserta didik kelas VIII SMPN 1 Bandongan. Sampel dalam penelitian ini sebanyak dua kelas yang diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Analisis data akhir menggunakan uji Chi-Kuadrat dan uji Mann-Whitney.
Hasil pengujian hipotesis pertama menunjukkan bahwa persentase kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran PBL berbasis etnomatematika berbantuan E-LKPD lebih dari 80% telah mencapai ketuntasan secara klasikal. Hasil pengujian hipotesis kedua menunjukkan bahwa persentase kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung kurang dari 80% dan belum mencapai batas ketuntasan secara klasikal. Hasil pengujian hipotesis ketiga menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata antara kemampuan pemecahan masalah matematis kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran PBL berbasis etnomatematika berbantuan E-LKPD mencapai ketuntasan dan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung belum mencapai ketuntasan. Selain itu, kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran PBL berbasis etnomatematika berbantuan E-LKPD lebih baik dibandingkan dengan peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung.
49-UN57.U1-SPM-VIII-2023 | MATEMATIKA LES I 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain