Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN MIND MAPPINGTERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP KELAS VIII
ABSTRAK
Ammar, Akeyla. 2023. ”Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Mind Mapping terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Kelas VIII”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Yesi Franita, S.Si., M.Sc., Pembimbing II Aprilia Nurul Chasanah,M.Pd.
Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Mind Mapping, Project Based Learning, Statistika.
Kemampuan komunikasi matematis siswa merupakan hal yang perlu diperhatikan dalam proses pembelajaran. Proses komunikasi antara guru dan siswa dapat mendorong interaksi edukatif, seperti dalam penyelesaian soal, siswa belum terbiasa menuliskan langkah-langkah sebelum menuliskan solusi, dan menuliskan kesimpulan di akhir jawaban, hal ini dapat dilihat berdasarkan jawaban tes kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP N 4 Magelang. Permasalahan tersebutdapat terjadi karena siswa kurang aktif pada saat guru menjelaskan materi pembelajaran.Peran guru sebagai perantara dalam proses pembelajaran sangatlah diperlukan untuk melakukan variasi model pembelajaran, salah satu caranya adalahdengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL)berbantuan mind mapping.
Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis ketuntasan klasikal kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan model pembelajaran PjBLberbantuan mindmappingdan menganalisis model pembelajaran PjBL berbantuan mind mapping terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa dibandingkan menggunakan model pembelajaran langsung. Sehingga kemampuan komunikasi matematis siswa dapat diterapkan pada proses penyelesaian soal.
Metode penelitian ini menggunakan quasi experiment dengan teknik cluster random sampling. Sampel yang diambil pada penelitian ini yaitu siswa kelas VIII B sebagaikelas eksperimen dan siswa kelas VIII E sebagai kelas kontrol. Instrumen pada penelitian ini menggunakan lembar observasi, pedoman wawancara, lembar validasi, dan soal tes kemampuan komunikasi matematis. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. ...
44-UN57.U1-SPM-VIII-2023 | MATEMATIKA AMM P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain