Text
SKRIPSI JENIS ALUR DAN SUDUT PANDANG KUMPULAN CERPEN ANGKATAN 2000 DALAM SASTRA INDONESIA SEBAGAI BAHAN AJAR SASTRA DI SMA
ABSTRAK
Roberto Budianto. 1610301096. Skripsi 2023. Jenis Alur dan Sudut Pandang Kumpulan Cerpen Angkatan 2000 dalam Sastra Indonesia Sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji jenis alur dan sudut pandang yang terdapat dalam Kumpulan Cerpen Angkatan 2000 Dalam Sastra Indonesia sebagai bahan ajar sastra di SMA. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keberagaman jenis alur dan sudut pandang dalam kumpulan cerpen tersebut, dengan harapan dapat membangkitkan minat siswa dalam membaca dan menemukan unsur instrinsik yang beragam di dalamnya. Penelitian ini menemukan adanya dua jenis alur dan dua jenis sudut pandang dalam kumpulan cerpen tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini mencakup (1) jenis alur yang terdapat dalam Kumpulan Cerpen Angkatan 2000 Dalam Sastra Indonesia karya Korrie Layun Rampan,(2) jenis sudut pandang yang terdapat dalam kumpulan cerpen tersebut, dan (3) formulasi bahan ajar sastra di SMA berdasarkan hasil penelitian tentang jenis alur dan sudut pandang dalam kumpulan cerpen tersebut. Tujuan penelitian ini adalah memperoleh deskripsi tentang jenis alur dan sudut pandang yang terdapat dalam kumpulan cerpen tersebut, serta menghasilkan bahan ajar sastra yang mengacu pada jenis alur dan sudut pandang menggunakan kumpulan cerpen tersebut.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik dengan sumber data dari Kumpulan Cerpen Angkatan 2000 Dalam Sastra Indonesia. Data penelitian ini berupa paragraf yang menunjukkan jenis alur dan sudut pandang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah teknik menyimak. Hasil penelitian menunjukkan adanya jenis alur maju, jenis alur campuran, jenis sudut pandang orang pertama sebagai tokoh utama, dan jenis sudut pandang orang ketiga serba tahu dalam kumpulan cerpen tersebut. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan ajar sastra di SMA, yang dapat disesuaikan dengan Kompetensi Dasar (KD) 3.9 tentang menganalisis unsur-unsur pembangun cerita pendek dalam buku kumpulan cerita pendek, dan KD 4.9 tentang mengkonstruksi sebuah cerita pendek dengan memperhatikan unsur-unsur pembangun cerpen.
Kata Kunci : bahan ajar, cerpen, jenis alur, jenis sudut pandang,latar belakang masalah
66-UN57.U1-SIN-VIII-2023 | INDONESIA BUD J 2023 | Ruang Skripsi (BAHASA INDONESIA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain