Text
SKRIPSI ANALISIS BUTIR SOAL PENILAIAN TENGAH SEMESTER BAHASA INDONESIA KELAS IX SMP NEGERI 4 MAGELANG TAHUN AJARAN 2022/2023
ABSTRAK
Budi, Ajeng Setia. 2023. “Analisis Butir Soal Penilaian Tengah Semester Bahasa Indonesia Kelas IX SMP Negeri 4 Magelang Tahun Ajaran 2022/2023”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Ayu Wulandari, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Mashud Syahroni, S.Pd., M.Pd.
Penelitian dilatarbelakangi oleh pentingnya alat ukur penilaian sebagai bahan evaluasi dalam pembelajaran yang menjadi salah satu tugas pokok guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas soal Penilaian Tengah Semester Bahasa Indonesia Kelas IX SMP Negeri 4 Magelang Tahun Ajaran 2022/2023 ditinjau dari aspek validitas, reliabilitas, indeks tingkat kesukaran, indeks daya beda, dan efektivitas butir pengecoh. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik analisis data kuantatif dibantu dengan alat hitung statistik software SPSS Ver 25. dan Microsoft Excel. Sampel penelitian berjumlah 63 lembar jawab peserta didik yang diambil dengan teknik purposive sampling. Soal yang dianalisis adalah butir soal pilihan ganda berjumlah 30 butir soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Terdapat 17 butir soal atau 57% valid dan 13 atau 43% tidak valid. 2) Koefisien alpha cronbach sebesar 0,551 yang menunjukkan bahwa tingkat reliabel soal sedang. 3) Indeks Tingkat Kesukaran butir soal terdapat 2 soal atau 7% sulit, 12 soal atau 40% sedang, dan 16 soal atau 53% mudah. 4) Indeks Daya Beda sebesar 12 soal atau 40% jelek, 12 soal atau 40% cukup, 1 soal atau 3% baik, dan 5 soal atau 17% tidak baik. 5) Efektivitas pengecoh terdapat 4 soal atau 13% sangat baik, 1 soal atau 3% baik, 17 soal atau 57% kurang baik, dan 8 soal atau 27% jelek. Ditinjau dari kelima aspek tersebut, soal Penilaian Tengah Semester Bahasa Indonesia Kelas IX SMP Negeri 4 Magelang Tahun Ajaran 2022/2023 dinilai memiliki kualitas yang kurang baik. Hal ini karena tingkat reliabel yang sedang serta aspek ITK, IDB, dan efektivitas pengecoh belum mampu menjalankan fungsinya secara maksimal sebagai alat ukur kemampuan siswa.
Kata kunci: analisis kualitas butir soal, evaluasi pembelajaran, instrumen penilaian
70-UN57.U1-SIN-VIII-2023 | INDONESIA BUD A 2023 | Ruang Skripsi (BAHASA INDONESIA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain