Text
SKRIPSI PERKEMBANGAN KARAKTER TOKOH AINI PADA NOVEL GURU AINI KARYA ANDREA HIRATA DITINJAU DARI PSIKOANALISIS SIGMUND FREUD
ABSTRAK
Yuliani, Wahyu Desi. 2023. “Perkembangan Karakter Tokoh Aini pada Novel Guru Aini Karya Andrea Hirata Ditinjau dari Psikoanalisis Sigmund Freud”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I: Dr. Mursia Ekawati, M.Hum., Pembimbing II: Liana Shinta Dewi, S.S, M.A.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena pencarian identitas pada masa remaja yang terjadi pada tokoh Aini. Masa pencarian identitas tersebut hendaknya disertai dengan wawasan dan contoh perilaku yang menggambarkan nilai moral yang seharusnya ada pada diri manusia agar tercipta individu berkarakter dengan mengetahui perkembangan karakter tokoh Aini pada novel Guru Aini karya Andrea Hirata ditinjau dari psikoanalisis Sigmund Freud. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan perkembangan karakter tokoh Aini pada novel Guru Aini karya Andrea Hirata ditinjau dari psikoanalisis Sigmund Freud. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah metode studi pustaka dengan teknik baca dan catat. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitik, sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu menganalisis data, menafsirkan data, dan menyimpulkan data. Data dalam penelitian ini merupakan sumber data tertulis yang berupa kutipan teks atau wacana dalam novel Guru Aini karya Andrea Hirata yang diduga mengandung struktur kepribadian Sigmund Freud serta nilai-nilai pendidikan budaya dan karakter bangsa. Sumber data penelitian ini adalah novel Guru Aini karya Andrea Hirata cetakan pertama pada bulan Februari 2020. Hasil dari penelitian ini terdapat perkembangan kepribadian tokoh Aini. Hasil tersebut diantaranya: id berjumlah 3, id ke ego berjumlah 5, dan id ke superego berjumlah 3 data. Awalnya Aini memiliki kepribadian yang tidak disiplin, pemalas, dan acuh tak acuh (tidak memiliki rasa ingin tahu). Seiring berjalannya waktu terdapat perkembangan kepribadian yang dialami Aini sebagai akibat dari adanya id, ego, dan superego yang bekerja pada diri Aini. Ia memiliki kepribadian kreatif, kerja keras, disiplin, gemar membaca, tanggung jawab, dan religius. Penelitian ini dapat digunakan sebagai media pendukung literasi peserta didik ataupun sebagai bahan referensi dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sastra di Sekolah Menengah Atas (SMA) kelas XII semester genap pada kempetensi dasar 3.9 (Menganalisis isi dan kebahasaan novel).
Kata Kunci: nilai-nilai pendidikan budaya dan karakter bangsa, novel Guru Aini, psikoanalisis
72-UN57.U1-SIN-VIII-2023 | INDONESIA YUL P 2023 | Ruang Skripsi (BAHASA INDONESIA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain