Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUB BAB MATERI SISTEM HORMON KELAS XI SMA NEGERI 3 MAGELANG
ABSTRAK
Savitri, Della. (2023). “Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Minat Belajar Peserta Didik pada Sub Bab Materi Sistem Hormon Kelas XI SMA Negeri 3 Magelang”. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Biologi, Pembimbing I Karunia Galih Permadani, S.Pd., M.Sc., Pembimbing II Ika Sukmawati, M.Pd.
Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Minat Belajar, Model Think Pair Share Sistem Hormon
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang maksimalnya kemampuan berpikir kritis dan minat belajar peserta didik pada sub materi sistem hormon dalam pembelajaran. Beberapa peserta didik mengalami kesulitan belajar dikarenakan perubahan sistem yang semula online diubah menjadi tatap muka. Selain hal itu kurang variatifnya model pembelajaran juga menyebabkan semangat dan minat belajar peserta didik menurun. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peserta didik kurang dari 50% yang memiliki minat untuk memberikan pertanyaan saat guru memberikan penjelasan materi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Think Pair Share terhadap kemampuan berpikir kritis dan minat belajar peserta didik pada sub materi sistem hormon. Metode yang digunakan adalah quasi experiment dengan design penelitian non-equivalent control group design. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2 SMA Negeri 3 Magelang, kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Instumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes, lembar angket, lembar observasi, silabus, dan RPP. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah data dari pretest dan post-test materi sistem hormon, serta hasil pengisian angket minat belajar. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Mann U Whitney Test. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil uji Mann u Whitney Test kemampuan berpikir kritis dengan taraf signifikasi 0,001 yang artinya terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis pada kelas eksperimen. Sedangkan pada minat belajar peserta didik diperoleh hasil dengan uji uji Mann u Whitney Test dengan taraf signifikasi 0,000 yang artinya terdapat perbedaan minat belajar peserta didik antara kedua kelas yang mendapat perlakuan dengan model Think Pair Share dan konvensional. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Think Pair Share berdasarkan uji hipotesis uji Mann Whitney U Test berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis dan minat belajar peserta didik pada materi sistem hormon.
51-UN57.U1-SPB-VIII-2023 | BIOLOGI SAV P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain