Text
SKRIPSI PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING BERBANTUKAN KARTU SOAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISTEM EKSKRESI DAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA
ABSTRAK
Sukmawati, Danik Indah. 2023. “Pengaruh Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing Berbantukan Kartu Soal Terhadap Pemahamn Konsep Materi Sistem Ekskresi dan Keterampilan Komunikasi Siswa”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Karunia Galih Permadani, S.Pd., M.Sc., Pembimbing II Dr. Setiyo Prajoko, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci : Active Knowledge Sharing, Sistem Ekskresi, Kartu Soal, Pemahaman Konsep, Keterampilan Komunikasi
Dalam kegiatan pembelajaran disekolah, strategi pembelajaran merupakan salah satu dari sekian banyak aspek pembelajaran yang berperan dalam keberhasilan dari tujuan pembelajaran. ketepatan memilih strategi pembelajaran dalam setiap proses belajar mengajar akan menentukan tujuan pembelajaran yang diinginkan. Selain itu juga dapat meningkatkan keterampilan komunikasi siswa sehingga akan diikuti peningkatan pemahaman konsep diberikan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMA Muhammadiyah 1 Alternatif Kota Magelang. Selama ini masih menggunakan strategi pembelajaran yang bersifat searah. Sehingga, belum maksimalnya keterampilan komunikasi siswa. Hasil observasi menunjukkan nilai rata-rata materi sistem ekskresi cenderung lebih rendah dari nilai materi sistem pencernaan dan sistem koordinasi. Oleh karena itu peneliti berharap dengan diterapkan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing dapat lebih aktif dalam berbagi pengetahuan. Dalam penelitian ini, Untuk mempermudah penerapan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing berbantukan kartu soal.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing berbantukan kartu soal terhadap pemahaman konsep materi sistem ekskresi dan keterampilan komunikasi siswa.
Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental dengan menggunakan non equivalent pretest and post-test control group design dalam proses pengambilan data. Penelitian ini berlokasi di SMA Muhammadiyah 1 Kota Magelang, dengan menggunakan dua kelas uji, yaitu kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Pengujian pemahaman konsep dilakukan dengan menggunakan 20 butir soal pilihan ganda, serta pengujian keterampilan komunikasi dilakukan dengan pengisian angket.
Berdasarkan hasil penelitian, dengan diterapkannya strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing berbantukan kartu soal terbukti berpengaruh pada pemahaman konsep dan keterampilan komunikasi. Pengaruh penerapan strategi pembelajaran tersebut pada pemahaman konsep siswa dibuktikan dengan hasil nilai uji Ancova yang mendapatkan nilai Sig. sebesar 0,000. Pengaruh penerapan strategi pembelajaran tersebut pada keterampilan komunikasi dibuktikan dengan hasil nilai uji Ancova yang mendapatkan nilai Sig. sebesar 0,000 dimana siswa telah memenuhi lima indikator keterampilan komunikasi. Hal tersebut dapat terjadi dikarenakan pembelajaran dengan strategi pembelajaran Active Knowldege Sharing berbantukan kertu soal membuat siswa aktif berbagi pengetahuan untuk menjawab pertanyaan yang ada didalam kartu soal.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing berbantukan kartu soal lebih baik jika dibandingkan dengan penerapan metode ceramah pada materi sistem ekskresi. Hal ini dikarenakan materi sistem ekskresi bersifat abstrak karena proses mekanisme fisiologisnya tidak dapat dilihat secara langsung. Sehingga diperlukan pembelajaran yang membuat siswa mendapat pembelajaran yang bermakna yaitu dengan sharing pengetahuan melalui kegiatan diskusi sehingga materi yang dipelajari tidak mudah dilupakan.
48-UN57.U1-SPB-VIII-2023 | BIOLOGI SUK P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain