Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN BOOKLET BERBASIS KARAKTER FILM ANIMASI SPONGEBOB SQUAREPANTS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA PADA SUB MATERI INVERTEBRATA
ABSTRAK
Afifah, Dianah Nur 2023. "Pengembangan Booklet Berbasis Karakter Film Animasi SpongeBob SquarePants Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Motivasi Belajar Siswa SMA Pada Sub Materi Invertebrataā€¯. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Setiyo Prajoko, M.Pd., Pembimbing II Karunia Galih Permadani, S.Pd., M.Sc.
Kata Kunci: Booklet, Invertebrata, Karakter Animasi, Media Pembelajaran, Motivasi Belajar, Pemahaman Konsep.
Berdasarkan hasil wawancara dengan guru biologi SMA Muhammadiyah 1 Kota Magelang dan hasil observasi didapatkan informasi bahwa pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa pada materi invertebrata kurang maksimal karena sumber belajar yang digunakan hanya sebatas PowerPoint. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil validasi booklet karakter animasi SpongeBob SquarePants pada sub materi invertebrata yang sudah divalidasi oleh ahli materi dan media serta mengetahui peningkatan pemahaman konsep dan motivasi belajar pada sub materi invertebrata. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dengan model ADDIE dan Quasi Eksperiment dengan menggunakan Non-Equivalent Pretest and Post-Test Control Group Design dalam proses pengambilan data. Penelitian ini berlokasi di SMA Muhammadiyah 1 Kota Magelang, dengan menggunakan dua kelas uji, yaitu kelas eksperimen X-2 dan kelas kontrol X-4.
Booklet yang dikembangkan dikategorikan sangat layak. Kelayakan produk terdiri atas penilaian validitas aspek materi sebesar 93% (sangat layak), validitas aspek media 95,68% (sangat layak), praktikalitas bagi guru 88% (sangat praktis) dan praktikalitas bagi siswa 86% (sangat praktis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan dalam penggunaan sumber belajar terhadap pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa pada sub materi invertebrata antara kelas X-2 dan X-4. Hasil uji ancova menunjukkan bahwa hasil data terdapat perbedaan yang signifikan dengan nilai Sig. sebesar 0,000. Simpulan pada penelitian ini terdapat perbedaan yang signifikan antara penggunaan sumber belajar booklet berbasis karakter film animasi SpongeBob SquarePants dengan sumber belajar PowerPoint pada sub materi invertebrata. Hal ini dikarenakan sub materi invertebrata termasuk materi yang cukup sulit karena banyak menggunakan nama ilmiah dan masih terdapat beberapa siswa yang belum pernah melihat secara langsung hewan invertebrata sehingga diperlukan sumber belajar yang disertai banyak gambar sehingga memudahkan siswa untuk memahami materi dan meningkatkan motivasi belajar.
47-UN57.U1-SPB-VIII-2023 | BIOLOGI AFI P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain