Text
SKRIPSI PENGARUH LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN NILAI UJIAN SEKOLAH MATA PELAJARAN BIOLOGI SISWA KELAS XII SMA NEGERI 2 TEMANGGUNG
ABSTRAK
Qur’ani, Cita Fashih. 2023. “Pengaruh Lembaga Bimbingan Belajar terhadap Motivasi Belajar dan Nilai Ujian Sekolah Mata Pelajaran Biologi Siswa Kelas XII SMA Negeri 2 Temanggung”. Skripsi Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Ika Sukmawati, M.Pd. Pembimbing II Muhammad Radian Nur Alamsyah, M.Pd.
Kata Kunci: Lembaga Bimbingan Belajar, Motivasi Belajar, Nilai Ujian Sekolah Mata Pelajaran Biologi
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi di SMA Negeri 2 Temanggung yang menyatakan bahwa sebanyak 61% dari 177 siswa kelas 12 MIPA di SMA Negeri 2 Temanggung kurang bersemangat dalam kegiatan pembelajaran biologi siswa merasa pembelajaran kurikuler di dalam kelas yang biasa dilakukan belum cukup untuk menghadapi ujian. Tujuan penelitian ini adalah (1) menganalisis pengaruh bimbingan belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas 12 di SMA Negeri 2 Temanggung, (2) menganalisis pengaruh bimbingan belajar terhadap nilai ujian sekolah mata pelajaran biologi siswa kelas 12 di SMA Negeri 2 Temanggung. Desain penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Metode yang digunakan untuk mengukur motivasi belajar dan nilai ujian sekolah biologi adalah metode ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Temanggung. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan probability sampling dengan teknik proportionate stratified random sampling. Pengujian hipotesis dianalisis menggunakan uji independent sample t test pada taraf signifikansi 0,05 menggunakan bantuan program SPSS versi 21.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) skor rata-rata motivasi belajar siswa yang mengikuti bimbingan belajar yaitu 116,50 dengan kategori tinggi dan siswa yang tidak mengikuti bimbingan belajar dan siswa yang tidak mengikuti bimbingan belajar yaitu 101,63 dengan kategori sedang. Hasil pengujian hipotesis skor motivasi belajar memperoleh nilai Sig (2-tailed) 0,000 < 0,05. Hal tersebut menunjukkan bahwa lembaga bimbingan belajar berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa kelas XII SMA Negeri 2 Temanggung. (2) nilai rata-rata ujian sekolah siswa yang mengikuti bimbingan belajar yaitu 89,90 dengan kategori sangat tinggi dan siswa yang tidak mengikuti bimbingan belajar yaitu 81,20 dengan kategori tinggi. Hasil pengujian hipotesis nilai ujian sekolah mata pelajaran biologi memperoleh nilai Sig (2-tailed) 0,002 < 0,05. Hal tersebut menunjukkan bahwa lembaga bimbingan belajar berpengaruh terhadap nilai ujian sekolah mata pelajaran biologi siswa kelas XII SMA Negeri 2 Temanggung. Adanya perbedaan antara siswa yang mengikuti bimbingan belajar dan tidak mengikuti bimbingan belajar bisa dijadikan siswa untuk bahan pertimbangan mengikuti bimbingan belajar dan Sebagai bahan pertimbangan sekolah SMA Negeri 2 Temanggung untuk mengadakan program bimbingan belajar.
46-UN57.U1-SPB-VIII-2023 | BIOLOGI QUR P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain