Text
SKRIPSI PENGARUH PENGGUNAAN FILM DOKUMENTER SEMESTA BERBASIS PENDEKATAN SETS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA SMA MUHAMMADIYAH 1 KOTA MAGELANG PADA MATERI DINAMIKA LINGKUNGAN
ABSTRAK
Baihaqi, Magvani Azzahra. 2022. “Pengaruh Penggunaan Film Dokumenter Semes7a Berbasis Pendekatan SETS terhadap Pemahaman Konsep dan Sikap Peduli Lingkungan Siswa SMA Muhammadiyah 1 Kota Magelang pada Materi Dinamika Lingkungan”. Skripsi Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Setiyo Prajoko, M.Pd., Pembimbing II Shefa Dwijayanti Ramadani, M.Pd.
Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Semes7a, SETS, Sikap peduli lingkungan
Proses pendidikan bertujuan untuk mengembangkan potensi siswa sehingga dapat mencapai kualitas yang diharapkan melalui pembelajaran yang dirancang dengan baik. Namun, sejauh ini dalam pelaksanaan pembelajaran biologi masih pasif, pemilihan media pembelajaran yang belum tepat, dan masih berfokus pada guru sebagai sumber utama pengetahuan. Berdasarkan hasil belajar siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Kota Magelang tahun 2022, siswa yang tuntas di atas KKM sebesar 52% per kelas dan sikap yang dinilai oleh guru selama proses pembelajaran materi dinamika lingkungan menunjukkan persentase sebesar 69% yang masih dalam kategori cukup. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh dari penggunaan film dokumenter Semes7a berbasis pendekatan SETS terhadap pemahaman konsep dan sikap peduli lingkungan siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif eksperimen semu dengan desain nonequivalent pretest post-test control group dengan populasi penelitian adalah siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Kota Magelang tahun ajaran 2022/2023 dengan purposive sampling yaitu X-3 sebagai kelas eksperimen dan X-1 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes pilihan ganda untuk pemahaman konsep, angket sikap peduli lingkungan siswa, modul ajar, lembar kerja siswa berbasis pendekatan SETS, dan lembar observasi keterlaksanaan sintaks. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan uji ancova dengan nilai Sig. < 0,05. Berdasarkan hasil pemahaman konsep yang diperoleh, rata-rata nilai post-test pada kelas eksperimen sebesar 80,0, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 69,0. Hasil uji ancova pemahaman konsep diperoleh Sig. 0,000 < 0,05 sehingga Ho1 ditolak dan Ha1 diterima. Berdasarkan hasil sikap peduli lingkungan yang diperoleh, nilai akhir sikap peduli lingkungan antara siswa kelas eksperimen sebesar 85,38, sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata sebesar 80,34. Hasil uji ancova sikap peduli lingkungan diperoleh Sig. 0,000 < 0,05 sehingga Ha2 diterima dan Ho2 ditolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan film dokumenter Semes7a berbasis pendekatan SETS berpengaruh terhadap pemahaman konsep siswa dan sikap peduli lingkungan siswa. Dengan demikian, penggunaan film dokumenter Semes7a berbasis pendekatan SETS dapat menunjang keberhasilan proses belajar mengajar di dalam kelas dan dapat direkomendasikan kepada guru sebagai inovasi pembelajaran.
45-UN57.U1-SPB-VIII-2023 | BIOLOGI BAI P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain