PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PERMASALAHAN LIMBAH PERTANIAN DI DESA MUNGGANGSARI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA SMA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN

MAULINA AFNI SAPUTRI - Nama Orang;

ABSTRAK
Saputri, Maulina Afni. 2023. “Pengembangan E-LKPD Berbasis Permasalahan Limbah Pertanian di Desa Munggangsari untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMA pada Materi Pencemaran Lingkungan”. Skripsi. Program studi pendidikan Biologi Universitas Tidar. Pembimbing I Muhammad Radian Nur Alamsyah, M.Pd., Pembimbing II Karunia Galih Permadani, M.Sc.
Kata Kunci: E-LKPD, hasil belajar kognitif, limbah pertanian, pencemaran lingkungan
Masalah pencemaran lingkungan di Desa Munggangsari yang belum ada solusi penangangan, menimbulkan beberapa dampak pencemaran seperti bau busuk dan penyumbatan air sungai. Untuk memperbaiki masalah pencemaran lingkungan perlu ditanamkan kepada siswa melalui pembelajaran biologi agar siswa mengetahui dan menyadari keterbatasan alam yang menjadikan siswa berwawasan lingkungan. Selain itu, permasalahan di sekolah yakni penggunaan bahan ajar berbasis lingkungan yang masih terbatas menyebabkan hasil belajar kognitif siswa belum optimal. Potensi yang ada di sekolah adalah siswa lebih tertarik dengan pengembangan bahan ajar sesuai dengan perkembangan teknologi berbasis IT. Untuk itu, perlu dikembangkan bahan ajar elektronik berbasis lingkungan yang dapat mengintruksikan siswa untuk merancang solusi atas pencemaran lingkungan yang terjadi disekitarnya. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui permasalahan limbah pertanian di Desa Munggangsari, mengembangkan E-LKPD berbasis permasalahan limbah pertanian, menguji kelayakan E-LKPD dan efektivitas peningkatan hasil belajar kognitif siswa. Model penelitian yang digunakan ialah penelitian eksploratif dan penelitian pengembangan model 4D. Penelitian eksploratif bertujuan untuk mengumpulkan data dan fakta lapangan mengenai limbah pertanian dan permasalahannya di Desa Munggangsari. Sedangkan, model pengembangan 4D digunakan untuk mengembangkan bahan ajar E-LKPD yang dibatasi menjadi 3 tahap yakni tahap Define (pembatasan), Design (perancangan) dan Develop (pengembangan). Teknik sampling yang digunakan ialah random sampling yang merupakan teknik sampel secara acak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini diantarannya lembar observasi, pedoman wawancara dan angket. Teknik pengumpulan data berupa observasi lapangan, wawancara, angket dan tes. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kualitatif ditujukan untuk data hasil observasi, sedangkan analisis kuantitatif dilakukan dengan uji N-gain untuk mengetahui perbedaan signifikansi antara pretest dan post-test. Berdasarkan hasil eksplorasi di Desa Munggangsari ditemukan sekitar 24 jenis limbah yang dibuang tanpa adanya pengelolaan. Limbah pertanian dibuang secara sembarangan dibeberapa tempat seperti sungai, selokan dan lahan kosong. Limbah organik dan anorganik hasil pertanian dapat menimbulkan permasalahan pencemaran lingkungan. Permasalahan yang timbul akibat limbah pertanian di Desa Munggangsari menyebabkan pencemaran air, udara dan tanah. Sebagian masyarakat di Desa Munggangsari sudah melakukan upaya untuk menggurangi limbah hasil pertanian dengan cara mengolahnya menjadi pupuk kompos. Produk hasil pengembangan bahan ajar E-LKPD dinyatakan layak digunakan sebagai bahan ajar hal ini berdasarkan penilaian kelayakan oleh ahli media dan ahli materi yang memperoleh rata-rata sebesar 81,66% dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil N-gain score peningkatan hasil belajar kognitif siswa memperoleh nilai sebesar 0,699 yang tergolong memiliki tingkat efektivitas dengan kategiri sedang. Diharapkan bagi penelitian selanjutnya dapat menguji pengaruh E-LKPD ini terhadap peningkatan minat dan motivasi siswa untuk belajar.


Ketersediaan
42-UN57.U1-SPB-VIII-2023BIOLOGI SAP P 2023Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
BIOLOGI SAP P 2023
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2023
Deskripsi Fisik
XVII;165HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
570
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_BIOLOGI
FAKULTAS_KEGURUAN_DAN_ILMU_PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I, BAB II, BAB III
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik