Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PERMASALAHAN LIMBAH PERTANIAN DI DESA MUNGGANGSARI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA SMA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN
ABSTRAK
Saputri, Maulina Afni. 2023. “Pengembangan E-LKPD Berbasis Permasalahan Limbah Pertanian di Desa Munggangsari untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMA pada Materi Pencemaran Lingkungan”. Skripsi. Program studi pendidikan Biologi Universitas Tidar. Pembimbing I Muhammad Radian Nur Alamsyah, M.Pd., Pembimbing II Karunia Galih Permadani, M.Sc.
Kata Kunci: E-LKPD, hasil belajar kognitif, limbah pertanian, pencemaran lingkungan
Masalah pencemaran lingkungan di Desa Munggangsari yang belum ada solusi penangangan, menimbulkan beberapa dampak pencemaran seperti bau busuk dan penyumbatan air sungai. Untuk memperbaiki masalah pencemaran lingkungan perlu ditanamkan kepada siswa melalui pembelajaran biologi agar siswa mengetahui dan menyadari keterbatasan alam yang menjadikan siswa berwawasan lingkungan. Selain itu, permasalahan di sekolah yakni penggunaan bahan ajar berbasis lingkungan yang masih terbatas menyebabkan hasil belajar kognitif siswa belum optimal. Potensi yang ada di sekolah adalah siswa lebih tertarik dengan pengembangan bahan ajar sesuai dengan perkembangan teknologi berbasis IT. Untuk itu, perlu dikembangkan bahan ajar elektronik berbasis lingkungan yang dapat mengintruksikan siswa untuk merancang solusi atas pencemaran lingkungan yang terjadi disekitarnya. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui permasalahan limbah pertanian di Desa Munggangsari, mengembangkan E-LKPD berbasis permasalahan limbah pertanian, menguji kelayakan E-LKPD dan efektivitas peningkatan hasil belajar kognitif siswa. Model penelitian yang digunakan ialah penelitian eksploratif dan penelitian pengembangan model 4D. Penelitian eksploratif bertujuan untuk mengumpulkan data dan fakta lapangan mengenai limbah pertanian dan permasalahannya di Desa Munggangsari. Sedangkan, model pengembangan 4D digunakan untuk mengembangkan bahan ajar E-LKPD yang dibatasi menjadi 3 tahap yakni tahap Define (pembatasan), Design (perancangan) dan Develop (pengembangan). Teknik sampling yang digunakan ialah random sampling yang merupakan teknik sampel secara acak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini diantarannya lembar observasi, pedoman wawancara dan angket. Teknik pengumpulan data berupa observasi lapangan, wawancara, angket dan tes. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kualitatif ditujukan untuk data hasil observasi, sedangkan analisis kuantitatif dilakukan dengan uji N-gain untuk mengetahui perbedaan signifikansi antara pretest dan post-test. Berdasarkan hasil eksplorasi di Desa Munggangsari ditemukan sekitar 24 jenis limbah yang dibuang tanpa adanya pengelolaan. Limbah pertanian dibuang secara sembarangan dibeberapa tempat seperti sungai, selokan dan lahan kosong. Limbah organik dan anorganik hasil pertanian dapat menimbulkan permasalahan pencemaran lingkungan. Permasalahan yang timbul akibat limbah pertanian di Desa Munggangsari menyebabkan pencemaran air, udara dan tanah. Sebagian masyarakat di Desa Munggangsari sudah melakukan upaya untuk menggurangi limbah hasil pertanian dengan cara mengolahnya menjadi pupuk kompos. Produk hasil pengembangan bahan ajar E-LKPD dinyatakan layak digunakan sebagai bahan ajar hal ini berdasarkan penilaian kelayakan oleh ahli media dan ahli materi yang memperoleh rata-rata sebesar 81,66% dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil N-gain score peningkatan hasil belajar kognitif siswa memperoleh nilai sebesar 0,699 yang tergolong memiliki tingkat efektivitas dengan kategiri sedang. Diharapkan bagi penelitian selanjutnya dapat menguji pengaruh E-LKPD ini terhadap peningkatan minat dan motivasi siswa untuk belajar.
42-UN57.U1-SPB-VIII-2023 | BIOLOGI SAP P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain