Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN BOOKLET BERDASARKAN IDENTIFIKASI KEANEKARAGAMAN MAKROALGA DI PANTAI INDRAYANTI GUNUNGKIDUL SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI
ABSTRAK
Erawati, Alfiyah. 2023. “PENGEMBANGAN BOOKLET BERDASARKAN IDENTIFIKASI KEANEKARAGAMAN MAKROALGA DI PANTAI INDRAYANTI GUNUNGKIDUL SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Muhammad Radian Nur Alamsyah, M.Pd., Pembimbing II Dr. Setiyo Prajoko, M.Pd.
Kata Kunci: Booklet, Makroalga, Pantai Indrayanti, Sumber Belajar
Indonesia merupakan negara kepulauan yang mempunyai tingkat keanekaragaman kehidupan sangat tinggi salah satunya yaitu makroalga. Salah satu daerah yang menjadi habitat makroalga adalah Pantai Indrayanti Gunungkidul. Keanekaragaman hayati makroalga di Pantai Indrayanti ini belum tereskplor. Hal tersebut dapat dilakukan penelitian karena berpotensi sebagai sumber belajar. Pembelajaran langsung di pantai sulit untuk dilakukan mengingat alokasi waktu pembelajaran yang terbatas dan lokasi pantai yang jauh menyulitkan peserta didik untuk mengenal makroalga secara langsung di pantai. Sehingga diperlukan adanya pengembangan sumber belajar mengenai makroalga salah satunya adalah booklet.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis makroalga yang terdapat di Pantai Indrayanti Gunungkidul dan mengetahui kelayakan booklet sebagai sumber belajar. Metode penelitian yang digunakan yakni Research and Development (R&D) dengan jenis penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4D yang terdiri dari tahapan seperti definisi (define), desain (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Pada penelitian ini hanya sampai dengan tahap ketiga yaitu pengembangan (develop).
Analisis kelayakan booklet dilakukan dengan validasi ahli materi dan ahli media. Selain itu, dilakukan tanggapan guru biologi dan menguji produk dalam skala kecil menggunakan uji keterbacaan dan lembar tanggapan peserta didik. Hasil penelitian ditemukan 15 jenis makroalga. Booklet yang telah dikembangkan sebagai sumber belajar biologi untuk peserta didik memperoleh hasil validasi rata-rata sebesar 85,68% yang termasuk ke dalam kategori sangat layak. Selain itu diperoleh persentase keterbacaan booklet oleh peserta didik sebesar 95,6% yang termasuk ke dalam kategori tinggi. Booklet yang telah dikembangkan sebagai bahan ajar biologi pada materi keanekaragaman hayati dapat digunakan untuk menambah wawasan peserta didik terhadap keanekaragaman hayati di Pantai Indrayanti Gunungkidul.
41-UN57.U1-SPB-VIII-2023 | BIOLOGI ERA P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain