Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN MODUL AJAR BIOLOGI BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI SISTEM EKSKRESI DAN SISTEM REPRODUKSI
ABSTRAK
Permatasari, H.J. (2023). Pengembangan Modul Ajar Biologi Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Materi Sistem Ekskresi dan Sistem Reproduksi. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Setiyo Prajoko, M.Pd., Pembimbing II Karunia Galih Permadani, M.Sc.
Kata Kunci: Kurikulum Merdeka, Modul ajar, PBL, Sistem Ekskresi, Sistem Reproduksi.
Pendidikan adalah suatu kebutuhan dan komponen yang penting dalam perubahan. Adanya pandemi Covid-19 mengakibatkan terjadinya perubahan kurikulum di Indonesia. Perubahan yang terjadi diimplementasikan sesuai dengan kondisi yang ada yaitu perubahan dari Kurikulum 2013 menjadi Kurikulum Merdeka.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan dari modul ajar untuk guru yang didampingi oleh modul siswa pada materi Sistem Ekskresi dan Sistem Reproduksi berbasis PBL berdasarkan Kurikulum Merdeka serta untuk mendeskripsikan respon guru terhadap modul ajar dan modul siswa yang dikembangkan.
Pada penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D. Dalam penelitian ini dilakukan pengembangan sampai pada tahap develop (pengembangan). Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu: 1) Define (Pendefinisian), yaitu menganalisis permasalahan terkait dengan penyusunan modul ajar dan modul siswa, analisis karakteristik siswa, analisis tugas, dan analisis konsep, 2) Design (Perencanaan), yaitu merancang materi, kerangka isi dan tampilan pada modul ajar serta modul siswa, dan 3) Development (Pengembangan), yaitu mengembangkan modul ajar dan modul siswa serta melakukan uji validasi terhadap ahli bahan ajar dan ahli materi yang kemudian diujicobakan secara terbatas melalui pengambilan data respon guru.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan modul ajar disertai modul siswa berdasarkan validasi ahli materi diperoleh persentase 92% dengan kriteria sangat valid. Sementara itu, hasil validasi bahan ajar modul ajar disertai modul siswa termasuk kategori sangat valid dengan memperoleh persentase sebesar 97,6%.
Dengan demikian, hasil validasi produk yang telah dikembangkan berupa modul ajar didampingi oleh modul siswa secara keseluruhan memperoleh persentase 94,8% dengan kriteria sangat valid sehingga layak digunakan sebagai bahan ajar. Sementara hasil uji respon pada modul ajar dan modul siswa memperoleh persentase 92,5% dengan kriteria sangat baik. Dengan demikian modul ajar dan modul siswa berbasis PBL yang dikembangkan layak digunakan oleh guru untuk membantu dalam pelaksanaan pembelajaran.
44-UN57.U1-SPB-VIII-2023 | BIOLOGI PER P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain